Tips Merawat Sepeda Motor Agar Tetap Awet

Tips Merawat Sepeda Motor Agar Tetap Awet

Seobaru.com– Hai sobat seo dimanapun berada, Motor merupakan salah satu alat transportasi yang banyak digunakan, berikut kami sampaikan Tips merawat sepeda motor agar Tetap awet.

Jumlah pemilik sepeda motor di Indonesia sangatlah banyak, bahkan hampir menjadi salah satu pasilitas penunjang kegiatan sehari-hari. Seperti untuk sekolah juga bekerja.

Sebagai kendaraan yang memiliki peran sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, maka dari itu menjaga Sepeda Motor agar awet dan tetap prima pun wajib untuk kalian lakukan, karena dengan begini aktivitas kalian pun tidak akan terganggu karena masalah mesin yang rusak.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, mari simak selengkapnya dibawah ini Tips merawat sepeda motor agar Tetap awet:

Tips Merawat Sepeda Motor Agar Tetap Awet

Mengganti Oli Secara Rutin

Oli merupakan pelumas dari mesin motor, oleh karena itu jika kalian ingin motor tetap awet juga kuat harus selalu mengganti oli mesin secara teratur.

Oli juga berguna untuk merawat dan mendinginkan mesin pada saat bekerja, maksimalkan mengganti oli rutin dalam 2 bulan sekali atau 1 bulan sekali, dan itupun tergantung pada pemakaian motor.

Selalu Memeriksa Aki Sepeda Motor

Aki menjadi komponen yang penting yang berguna sebagai kelistrikan dari motor. Baikmengunakan aki kering atau pun aki basah tetap membutuhkan perawatan.

Maka dari, itu selalu cek aki sepeda motor kalian, jika menggunakan aki basah maka jika air aki habis silahkan di isi, dan jika menggunakan aki kering maka setrumkan aki jika dayanya berkurang

Memakai Lampu Jauh Dan Dekat Secara Bergantian

Kebanyakan dari para pengendara motor ini hanya menggunakan lampu jarak dekat saja pada saat berkendara, baik itu di pagi maupun malam hari.

Sebenarnya hal ini adalah cara yang salah dan membuat usia dari lampu depan motor pendek. Cara yang benar, gunakan lampu jarak jauh pada siang hari, dan lampu dekat pada saat malam hari.

Selalu Memeriksa Kondisi Ban Sebelum Berkendara

Sebelum berkendara, Kita harus selalu memeriksa kondisi ban, agar tetap menjaga keselamatan dalam perjalanan juga akan lebih aman.

Seperti memerikasa apakah ban kekurangan angin atau tidak, karena hal itu sangat penting agar tidak menyebabkan hal yang berbahaya seoperti membuat ban bocor atau menyebabkan kecelakaan.

Selalu Mencuci Atau Membersihkan Motor

Agar enak dipandang juga nyaman dikendarai dan motor akan selalu awet, pastikan untuk selalu membersihkan atau merawat sepeda motor, karena jika diabaikan kemungkinan motor akan cepat rusak.

Apalagi pada musim hujan, tentunya debu yang kotor akan mudah menempel dimotor,jika tidak dibersihkan akan menimbulkan karat.

Melakukan Service Rutin

Selain memperhatikan tampilan luarnya, memelihara kondisi mesin Sepeda Motor juga sangat penting dilakukan, karena jika kalian mengabaikannya maka motor bisa menjadi rusak dan bakal menguras dompet kalian nanti.

Lakukan servis secara rutin agar motor nyaman dan aman dikendarai. Sebagai acuannya, maka kalian bisa melakukan servis motor setiap 5.000 Kilometer atau kelipatannya.

Servuce motor bisa dilakukan ke bengkel resmi dari motor kalian, agar nantinya mendapatkan perawatan terjamin dan berkualitas.

Penutup

Demikian yang dapat disampaikan pada kesempatan kali ini tentang Tips merawat sepeda motor agar Tetap awet, semoga bermanfaat, terimakasih untuk kembali mengunjungi seobaru.com

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published.