Tips Menu Sahur Sehat Saat Ramadhan

Tips Menu Sahur Sehat Saat Ramadhan

Seobaru.com– Hai sobat seo dimanapun berada, Tips menu sahur sehat saat ramadhan, adalah informasi yang akan disampaikan pada kesempatan kali ini.

Bulan suci ramadhan telah tiba, bagi semua umat islam diwajibkan berpuasa selama sebulan penuh, tentunya agar ibadah puasa dapat dilaksanakan dengan baik juga sehat, sebaiknya menjaga asupan makanan untuk tubuh.

Saat berbuka puasa ataupun saat melaksanakan sahur. Sebab makan sahur juga disunatkan bagi orang yang akan menjalankan ibadah puasa.

Agar tubuh tetap sehat saat melaksabakan puasa, ada beberapa tips menu buka dan sahur yang bisa dipraktekan dan untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan nutrisi.

Tips Menu Sahur Sehat Saat Ramadhan

Tips Menu Sahur Sehat Saat Ramadhan

Saat menjalankan puasa, tubuh akan mengalami banyak perubahan, terutama di segi pola makan juga tidur yang asalnya makan di siang hari menjadi di malam hari.

Menyiapkan sahur bukan hanya harus menyenangkan, tapi kandungan nutrisinya juga harus terpenuhi, maka sebaiknya menu sahur anda bervariasi juga bergizi.

Sebab dengan perubahan jam makan. akan membuat tubuh kaget, mudah lelah bahkan jatuh sakit. Untuk itu pastikan Anda memakan makanan yang bergizi seimbang, berikut tips menu sahur sehat saat ramadhan:

Makanan Karbohidrat Tinggi

Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks dan tinggi serat akan menimbulkan efek kenyang lebih lama. Dengan demikian perut Anda tidak akan mudah merasa lapar saat pagi hari sedang beraktivitas di bulan ramadhan.

Diantara macam contoh makanan yang mengandung karbohidrat juga serat yang tinggi seperti nasi putih, nasi merah, jagung, kentang, dan roti gandum.

Makanan Berprotein

Kandungan protein sangat dibutuhkan untuk membuat menu sahur sehat Anda di bulan puasa. Layaknya karbohidrat, protein berfungsi sebagai cadangan energi agar tubuh Anda tetap bertenaga saat puasa. 

Ada banyak makanan sumber protein yang bisa Anda pilih, salah satunya daging untuk membuat semur daging atau daging panggang. Jika Anda bosan dengan mengonsumsi daging, maka bisa Anda ganti dengan makanan lainnya, seperti tahu, tempe, ikan, atau ayam.

Buah Dan Sayuran

Setelah menyiapkan lauk pauk, jangan lupa lengkapi dengan buah dan sayuran. Menu masakan seperti sayur bening, sup sayuran, dan tumis sayuran tidak boleh dihilangkan saat sahur.

Sediakan juga buah potong atau jus buah untuk menambah asupan vitamin dan mineral. Tidak masalah jika Anda menyiapkan buah yang sama saat sahur maupun berbuka.

Yang penting komponen yang satu ini ada di dalam menu sahur praktis maupun menu berbuka puasa sehari-hari.

Makanan Kaya Zat Besi

Selama menjalankan puasa tubuh akan kekurangan zat besi dalam jumlah besar, hal tersebut akan menyebabkan masalah terutama bagi penderita anemia.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengonsumsi makanan yang kaya zat besi seperti kurma, hati, tomat, sayur bayam, dan sayur daun singkong.

Makanan Mengandung Kalium dan Magnesium

kandungan penting bagi tubuh lainnya ialah kalium dan magnesium, yang bermanfaat sebagai energi cadangan juga menjaga keseimbangan kadar air dalam tubuh.

Contohnya seperti buah pisang, jeruk, dan alpukat jadi setelah makan anda bisa memakan salah satu buah tersebut agar kebutuhan tubuh anda terpenuhi.

Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan termasuk salah satu menu sahur praktis nan sehat yang tak boleh terlewatkan. Berbagai jenis kacang-kacangan mengandung banyak nutrisi, protein tinggi, dan lemak baik yang dibutuhkan oleh tubuh.

Air Putih

Saat sahur, pastikan Anda minum air putih yang cukup. Hal tersebut bertujuan agar cairan dalam tubuh tetap terpenuhi dan mencegah dehidrasi saat puasa. 

Ketika bangun sahur, mulailah dengan meminum air putih sebanyak 1-2 gelas. Kemudian setelah makan sahur, minum minimal satu gelas air lagi.

Selain dengan air putih, Anda juga dapat mengonsumsi jus buah, sup, atau makanan berkuah lainnya untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

Susu

Susu adalah minuman yang menyehatkan dan memiliki banyak kandungan gizi, juga sebagai sumber kalsium yang baik untuk tulang.

Mengkonsumsi susu saat sahur sangat baik untuk kesehatan, Anda bisa memilih susu Anda yang sangat disukai bisa juga susu kacang kedelai yang mengandung banyak protein.

Penutup

Demikian yang dapat kami sampaikan kali ini tentang Tips menu sahur sehat saat ramadhan, semoga bermanfaat, sekian dan terimakasih untuk kembali mengunjungi seobaru.com

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published.