Temukan Alamat IP Router Anda dengan Mudah

Seobaru.com-Berjumpa kembali bersama admin yang akan membahas judul menarik mengenai Temukan Alamat IP Router Anda dengan Mudah.

Seobaru.com-Berjumpa kembali bersama admin yang akan membahas judul menarik mengenai Temukan Alamat IP Router Anda dengan Mudah.

Router bertindak sebagai mediator antara komputer Anda dan koneksi broadband. Ini memilih rute terbaik untuk mengirimkan paket data Anda ke host, meningkatkan kecepatan secara signifikan.

Mereka terletak di gateway, titik konvergen untuk dua atau lebih jaringan. Broadband dan router nirkabel adalah dua jenis router yang paling umum digunakan.

Alamat IP diterjemahkan ke alamat Protokol Internet. Setiap router memiliki satu. Ini adalah serangkaian angka yang bertindak sebagai label pengenal untuk perangkat yang berpartisipasi dalam jaringan komputer.

Temukan Alamat IP Router Anda dengan Mudah

Penting untuk mengetahui alamat IP router jika Anda ingin mengakses halaman konfigurasi berbasis web. Meskipun ada situs web yang mencantumkan alamat IP router default, alamat IP Anda mungkin telah berubah karena alasan berikut.

Mungkin ada perubahan infrastruktur di ujung ISP. Anda mungkin telah memperbarui firmware, yang mengakibatkan perubahan pada antarmuka.

Mungkin ada intersepsi, di mana seseorang bisa mendapatkan akses ke perangkat Anda dan mengubah pengaturan di jaringan Anda. Tanpa Anda ketahui, ada kemungkinan itu diubah selama pengaturan router.

Router bekerja dengan dua alamat IP. Yang eksternal adalah label numerik yang digunakan untuk berkomunikasi di Internet. Di sisi lain, yang pribadi adalah identitas perangkat di jaringan area lokal.

Langkah-langkah untuk Menemukan Alamat IP Router Anda

Router harus terhubung ke koneksi internet untuk mendapatkan alamat IP. Anda dapat menggunakan kabel Ethernet atau melakukannya secara nirkabel. Ini adalah persyaratan utama.

A. Alamat IP Internal

  • Buka Menu “Start” di PC Anda.
  • Di kotak pencarian, ketik “cmd”, Anda akan melihat daftar dengan “cmd.exe”. Klik untuk membuka kotak dialog sistem Windows. Ada alternatif Langkah 2. Setelah mengklik Menu “Start”, klik perintah “Run”. Di kotak dialog yang muncul, ketik “cmd” dan tekan “OK”. Ini akan membuka kotak dialog Sistem Windows yang sama.
  • Ketik “ipconfig” dan tekan “Enter”
  • Ini menampilkan di depan Anda berbagai nilai di bawah Ethernet Adapter Local Area Connection. Anda harus memeriksa string numerik yang terdaftar sebagai “Gateway Default”.

Di Mac, prosedurnya terlihat seperti ini:

  • Akses bagian “System Preferences” dan klik ikon “Network”.
  • Di sepanjang panel kiri, Anda akan melihat opsi seperti “Wi-Fi”, “Bluetooth Pan”, dll.
  • Jika Anda terhubung ke jaringan “Wi-Fi”, tombol radio menunjukkan warna hijau. Di panel kanan, Status menunjukkan “Tersambung” dan di bawahnya Anda akan membaca kalimat seperti berikut ” Wi-Fi terhubung ke dan memiliki alamat IP”

Jika Anda tidak terlalu paham teknologi dan ingin melewatkan kerepotan dari kedua prosedur ini, Anda cukup menggunakan perangkat lunak pendeteksi router untuk menemukan alamat IP router Anda secara online dengan mudah. Anda juga dapat menggunakan Google untuk mengetahui hal yang sama

PENUTUP

Itulah yang dapat kami sampaikan mengenai judul menarik pembahasan kali ini mengenai Temukan Alamat IP Router Anda dengan Mudah.

Terima kasih karena kalian telah membaca pembahasan kali ini. Jangan lupa untuk mampir kembali di Seobaru.com agar kalian mendapatkan info menarik dan terupdate lainnya yang sayang untuk dilewatkan.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published.