Resep Olahan Klepon Cocok Untuk Buka Puasa

Resep Olahan Klepon Cocok Untuk Buka Puasa

Seobaru.com.- Hallo sobat seo dimanapun berada, Resep olahan klepon cocok untuk buka puasa, adalah informasi yang akan admin sampaikan pada artikel kali ini.

Klepon adalah jenis makanan cemilan yang rasanya manis juga kenyal, selain untuk cemilan sehari-hari klepon juga sangat cocok untuk dijadikan menu berbuka puasa karena rasanya yang manis juga sedikit gurih.

Cemilan yang satu ini sering banyak kita temui di beberapa tempat makanan tradisional ataupun pasar. Rasanya yang gurih terdapat dari campuran parutan kelapa juga manis dan kenyal dari gula merah ketika kita memakannya akan menambah sensasi kenikmatannya.

Klepon bisa dikatakan salah satu jajanan tradisional yang juga salah satu takjil atau menu berbuka puasa yang banyak digemari.

Klepon terbuat dari tepung beras ketan yang diberi pewarna hijau dan putih kemudian di isi dengan gula merah lalu dibentuk bola-bola kecil dan di rebus di air mendidih, terahir dibaluri dengan parutan kelapa sedang.

Resep Olahan Klepon Cocok Untuk Buka Puasa

Resep Olahan Klepon Cocok Untuk Buka Puasa

Jika kita ingin membuatnya hanya sekedar untuk cemilan apalagi untuk menu berbuka puasa, itu lebih baik karena masakan sendiri lebih higienis juga rasanyapun lebih enak.

Atau bisa juga untuk kita jual, karena cemilan klepon ini disukai berbagai macam kalangan anak kecil sampai orang dewasa menyukainya.Berikut Resep olahan klepon yang cocok untuk buka puasa:

Bahan-bahan:

Bola Ketan:

  • 250 gram tepung ketan
  • 50 gram tepung beras
  • 200 ml air santan hangat(dari ½ butir kelapa)
  • 30 ml air suji (dari 10 lembar daun suji dan 1 lembar daun pandan)

Isian:* 80 gram Gula merah / secukupnya, di cacah halus

Bahan balutan/taburan

  • Kelapa parut yang sedang secukupnya

Cara membuatnya:

Pertama kukus dulu bahan untuk taburan yaitu kelapa yang sudah diparut, kurang lebih sekitar 20 menit, agar nantinya klepon nantinya tahan lama tidak mudah basi.Sambil menunggu kelapa yang dikukus kita siapkan olahan kleponnya.

Selanjutnya campurkan tepung ketan dan tepung beras uleni sambil di tambahkan air santan dan air suji, uleni sampai benar-benar kalis ya, pada Resep olahan klepon yang bisa di jadikan bisnis ini aku gak pakai air kapur sirih ya, tapi jika kalian suka bisa menambahkannya, namun dengan resep ini juga nanti hasil klepon yang kita buat juga akan kenyal dan enak.

Sesudah adonan kalis,ambil sedikit demi sedikit pipihkan lalu isi dengan isian yaitu gula merahnya bulat sedang atau sesuai selera .

Lalu siapkan panci atau wajan isi air secukupnya, setelah mendidih masukan bola-bola ketan aduk perlahan setelah semua bola ketan terapung /mengambang itu tandanya udah matang, lalu angkan tiriskan.

Selanjutnya setelah di tiriskan selagi hangat,gulingkan bola ketan di parutan kelapa yang sudah di kukus tadi, dan klepon pun siap di sajikan, di jamin enak dan kenyal, walaui tidak memakai air kapur sirih.Tapi jika anda ingin boleh juga ditambahkan.

Penutup

Demikian yang dapat disampaikan pada artikel kali ini tentang Resep olahan klepon cocok untuk buka puasa, olahan klepon ini sangat mudah dan praktis, selamat mencoba, dan jangan lupa untuk kembali berkunjung ke seobaru.com.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published.