gambar diambil dari,majalah 1000 guru.net

Prinsip Kerja Kultur Jaringan Pada Tumbuhan

Posted on

Seobaru.com.Hai sobat setia pembaca Seo,Kembali lagi bersama admin, pada artikel kali ini akan membahas tentang Prinsip kerja kultur jaringan pada tumbuhan.

Sebagian orang mungkin sudah tahu apa itu kultur jaringan, atau mungkin hanya mendengar saja namanya tanpa mengetahui detailnya.

Kultur jaringan disebut juga tissue culture. Kultur ialah budidaya dan jaringan adalah sekelompok sel yang mempunyai bentuk dan pungsi yang sama.

dapat di artikan kultur jaringan yaitu membudidayakan suatu jaringan tanaman menjadi tanaman kecil yang mempunyai sipat seperti induknya.

untuk tanaman yang permintaannya tinggi namun kekurangan pasokan,menggunakan metode kultur jaringan untuk perbanyakan tanaman bisa menjadi solusinya.Karena kultur jaringan adalah untuk memperbanyak vegetatip tanaman.

karena perbanyakan tanaman menggunakan metode konvensional dianggap lambat,perbanyakan secara kultur jaringan dapat dilakukan.

Selain itu,perbanyakan tanaman secara kultur jaringan sangat bermanfaat untuk memperbanyak tanaman introduksi, tanaman klon unggul baru, juga tanaman patogen.

Yaitu tanaman yang harus diperbanyak dalam jumlah besar yang harus diperbanyak dalam waktu yang relatif singkat.(Yusnita 2003, hal 9).

Perinsip kerja kultur jaringan pada tumbuhan ialah untuk mengisolasi bagian dari tanaman seperti sekelompok sel atau jaringan yang di tumbuhkan dengan kondisi aseptik,sehingga tanaman tersebut memperbanyak diri sesuai tanaman nya kembali.

Kultur jaringan dapat membudidayakan suatu jaringan tanaman menjadi tanaman kecil yang mempunyai sipat seperti induknya.

Prinsip kerja kultur jaringan pada tumbuhan yang utama ialah memperbanyak tanaman dengan menggunakan bagian vegetatip tanaman juga menggunakan media buatan dan dilakukan di tempat steril.

Tujuan utama kultur jaringan agar memproduksi bibit secara massal dalam waktu yang singkat.Terutama dilakukan pada tanaman yang bijinya rendah.

Juga dilakukan pada tanaman hibrida yang unik,perbanyakan pohon elite,dan juga berberapa tanaman seperti kentang,pisang dan strawberi juga di perbanyak secara kultur jaringan.

Prinsip kerja kultur jaringan pada tumbuhan juga tujuannya untuk membiakan bagian tanaman dalam ukuran sekecil-kecilnya sehingga menjadi beratus-ratus tanaman kecil (klon).

Perbanyakan kultur jaringan dilakukan dengan cara mengisolasi bagian tanaman seperti organ, jaringan, kumpulan sel, sel tunggal,protolasma.

Sehingga tumbuh bagian-bagian dalam buatan aseptik yang kaya nutrisi dan mempunyai zat pengatur tumbuh.

Prosesnyapun dilakukan diwadah yang tertutup juga bisa tembus cahay sehingga bagian tanaman tersebut dapat memperbanyak diri dan beregenerasi sendiri menjadi tanaman lengkap seperti induknya.

Adapun cara atau tahapan kultur jaringan ialah pertama pembuatan media,inisiasi,sterilisasi,multipikasi dan aklimatisasi.

Demikian artikel kali ini, jangan lupa untuk kembali ke artikel seobaru.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *