Perbedaan Reksa dana Saham Dan Investasi Saham

Perbedaan Reksa dana Saham Dan Investasi Saham

Seobaru.com– Hai sobat seo, semoga semuanya daam keadaan sehat, ketemu lagi dengan admin pada kesempatan kali ini akan memberikan sobat informasi mengenai perbedaan reksa dana saham dan investasi saham.

Banyak orang yang beranggapan kalu investasi saham dan reksa dana saham adalah instrumen yang sama, meski sama-sama bermain di pasar saham namun kedua investasi tersebut berbeda.

salah satu perbedaan yang terlihat cukup jelas ialah dari sisi cara kerjanya, jika investasi saham langsung investor yang mengelola sahamnya sendiri, sedangkan reksadana, uang investor dikelola oleh manajemen perusahaan investasi.

Selain itu untuk mulai investasi saham anda harus mengeluarkan dana yang sangat besar, sedangkan reksa dana bisa mulai dengan puluhan ribu brupiah saja.

Selain modal yang cukup terjangkau investasi reksa dana saham memberikan return yang besar dan resiko yang lebih kecil.

Perbedaan Reksa dana Saham Dan Investasi Saham

Investasi Reksadana adalah investasi yang di kelola oleh perusahaan aset manajemen dan investor tidak dapat leluasa memilih instrumen investasi saham.

Sedangkan investasi saham langsung adalah investasi yang dilakukan secara mandiri( investor yang mengelola dana dan membeli sesuai yang diinginkan).

Untuk lebih jelasnya berikut beberapa perbedaan antara investasi reksa dana dan investasi saham yaitu:

Perbedaan Reksa dana Saham Dan Investasi Saham

Pengelola Dana

Dalam investasi saham, dana akan dikelola oleh investor, namun bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan broker sebelum membeli atau menjual saham. Semua itu bertujuan untuk memperkecil kerugian dan mendapatkan keuntungan

Sedangkan reksa dana saham, dana dikelola oleh perusahaan penyedia reksa dana, jadi anda tak usah memantau pergerakan saham setiap saat.

Karena perusahaan yang akan menambahkan nilai investasinya dan resikonya lebih keccil daripada investasi saham.

Tingkat Resiko

Dalam investasi saham langsung, risiko yang di tanggung oleh investor jauh lebih tinggi sebab segala keputusan ada ditangan investor.

Bahkan tak menutup kemungkinan akan mengalami kebangkrutan apabila investor tidak memahami teknik bermain saham secara trampil.

Sedangkan investasi reksa dana risiko lebih kecil sebab tidak mengambil keputusan sendiri, karena sudah di atur oleh managemen perusahaan.

Anda akan mendapatkan free setiap melakukan penarikan dana serta nominalnya tergantung negosiasi atau kesepakatan dua belah pihak.

Minimum Investasi

Pada investasi saham langsung, dana yang dikeluarkan cukup besar, bahkan hingga jutaan rupiah namun sebaiknya tidak boleh melebihi 5% dari kekayaan yang dimiliki.

Sedangkan investasi reksa dana bisa dengan memulai berinvestasi dengan nilai puluhan ribu rupiah, itupun tergantung anda ketika ingin mulai berinvestasi bisa menyesuaikannya.

Pajak

Dalam investasi saham, selain biaya online trading Anda akan dikenakan biaya pajak sebesar 0,5 % setiap melakukan penjuallan. Serta pajak 10 % ketika mendapatkan dividen.

Pada investasi reksa dana menurut bareksa, reksa dana merupakan investasi yang tidak dikenakan pajak, akan tetapi harus melaporkan keuntungan reksa dana dalam SPT tahunan.

Proses Pencairan Dana

Proses pencairan dana pada investasi saham tidak membutuhkan waktu yang lama, dana akan langsung masuk rekening, karena dikelola sendiri.

Sedangkan reksa dana saham, membutuhkan waktu yang cukup lama, karena menggunakan agen pengelola. Biasanya dana akan masuk ke investor sektar lima hari kerja.

Memilih Saham

Pada investasi saham, investor dapat membeli saham secara langsung, karena dana dikeola sendiri.

Sedangkan reksa dana saham investor tidak memiliki peran untuk membeli saham, sebab dana sudah dikelola perusahaan asset managemnt.

Penutup

Demikian informasi yang dapat diberikan pada kesempatan kali ini tentang perbedaan reksa dana saham dan investasi saham . Semoga bermanfaat. Terimakasih sudah berkunjung ke seobaru.com.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published.