Perawatan Yang Harus Dilakukan Agar Motor Matic Tetap Awet

Perawatan Yang Harus Dilakukan Agar Motor Matic Tetap Awet

Seobaru.com– Hallo sobat seo, Perawatan yang harus dilakukan agar motor matic tetap awet, adalah informasi yang akan disampaikan kali ini semoga sobat seo ada dalam keadaan ceria, sehat dan bahagia.

penggunaan motor matic di indonesi sangat trend semakin harinya sampai saat tahun 2022 ini banyak yang menggunakan motor natic baik pria maupun wanita.

Oleh karena itu pasar motor matic sangat berkembang pesat dipasaran mengalah kan saingannya seperti otor bebek dan sport, banyak pengguna yang menggunakannya untuk kegiatan sehari-hari.

Agar motor matic yang Anda gunakan awet sebaiknya melakukan perawatan, adapun merawat motor matic ini sama halnya dengan motor yang lainnya namun karena sudah menggunakan sistem injeksi perlu perawatan yang ekstra.

Menurut beberapa survei lembaga transfortasi pertumbuhan motor matic di indonesia sendiri meningkat 5 % tiap tahunnya hal itu karena banyaknya pengguna motor matic yang simple juga mudah dalam perawatan.

Baca juga : Hal Yang harus Dilakukan agar aki Kendaraan awet

Perawatan Yang Harus Dilakukan Agar Motor Matic Tetap Awet

Perawatan Yang Harus Dilakukan Agar Motor Matic Tetap Awet

Berbicara tentang perawatan tentunya Anda ingin menghasilkan yang terbaik bagi motor , sebab dengan selalu melakukan perawatan motor akan tetap awet, bersih dan dalam kondisi yang baik.

Sebagian dari Anda tentunya sudah pada tau cara merawatnya namun untuk mengingatkan atau cara perawatan yang baik, mari simak selengkapnya di bawah ini Perawatan yang harus dilakukan agar motor matic tetap awet .

Rutin Memanaskan Motor

hal yang paling mudah dilakukan merawat motor matic tiap harinya ialah dengan cara memanaskan motor tiap hari secara rutin. Anda bisa memanaskan motor setiap hari pada pagi hari sebelum Anda menggunakan motor. Memanaskam motor agar oli dalam mesin siap melumasi mesin dan performa mesin bisa bekerja lebih maksimal. Anda perlu memanaskan motor kurang lebih 5 sampai 10 menit jika dirasa sudah cukup, jangan lupa tarik ulur gasnya supaya olo cukup cukup panas dari mesin motor.

Mensetabilkan kecepatan gas

Biasanya, saat kecepatan motor berada dalam kondisi yang cepat maka motor akan otomatis secara tiba-tiba menurunkan gas. Dan begitupun sebaliknya, saat motor dalam kecepatan rendah langsung di gas secara tiba-tiba. Tanpa Anda sadari, hal ini akan merusak masa umur mesin melainkan juga dapat merusak fan belt motor. Untuk itu, usahakan Anda mengganti fan balt motor anda sebanyak tiga tahun sekali untuk meminimalisir fan belt tidak terputus saat anda berjalan.

Pastikan Bensin Selalu Ada Jangan Sampai Habis

banyak pengguna motor matic yang mengisi bensin sampai kondisinya benar-benar habis, entah apa itu alasanya hal ini sering kali dilakukan pengguna motor matic.

Namun perlu disadari bahwa hal ini tidak dianjurkan karena tidak baik untuk mesin. Usahakan motor matic Anda tetap terisi bensin dan jangan sampai menunggu indikator pada sefedometer menunjukan huruf E.

Rutin Menggunakan atau Mengganti Oli

Mengganti oli sangat penting dilakukan pemilik kendaraan motor. biasanya pemilik kendaraan harus melakukan penggantia oli [pada setiap 1.000 km, dan penggantian oli tranmisi motor maksimal sat kendaraan mencapai 5.000 km. untuk itu jika Anda sulit mengitung sepedometer anda bisa m4lakukan perawatan rutin ini setiap2 hingga 3 bulan sekali. Pastikan anda menggunakan oli yang cocok dengan spesifikasi motor anda untuk menjaga performa mesin motor meticanda.

Service secara berkala

Biasanya pengguna motor atau pemilik kendaraan motor akan melakukan service motor secara berkala seperti melakukan penggantian oli, membersihkan karburator dan menset motor. pastikan juga Anda memeriksa aki motor Anda apakah masih layak pakai atau tidak. anda bisa lakukan service motor selama tiga bulan sekali untuk menjaga performa mesin moror anda.

Itulah tips merawat motor matic agar tetap awet. pastikan juga Anda tidak lupa melakukan penggantian ban yang tipis akan mengurangi daya cengkram ban terhadap aspal sehingga akan berbahaya pada pengendara.

Penutup

Jika Sobat seo saat ini punya motor matic di rumah, bisa melakukan perawatan seperti yang telah admin informasikan diatas tadi. Demikian artikel kali ini tentang Perawatan yang harus dilakukan agar motor matic tetap awet. Semoga bermanfaat, terimakasih untuk kembali berkunjung ke seobaru.com

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published.