gambar di ambil dari silabus.web.id

Peran Kurikulum Dalam Satuan Pendidikan

Posted on

seobaru.com. Pengembangan kurikulum di tingkat satuan pendidikan amatlah penting, karena kurikulum merupakan pedoman untuk proses belajar mengajar di suatu pendidikan.

Indonesia merupakan negara kepulauan yang terdiri atas pulau besar dan kecil yang berjumlah sekitar 17.504, itupun berdasarkan data biro pusat statistik tahun 2010.Juga negara kita ini kaya akan berbagai keragaman.

Keragaman merupakan karateristik bangsa indonesia yang sangat unik antara lain letak geografis, potensi sumber daya, ketersediaan sarana prasarana, latar belakang, dan kondisi sosial budaya.

Suku seperti ada suku batak sunda jawa dan sebagainya, juga bahasa yang berbeda – beda ,adat istiadat adalah merupakan keragaman yang ada di setiap daerah di indonesia.

Keragaman tersebut selanjutnya melahirkan tingkatan kebutuhan dan tantangan pengembangan yang berbeda antar daerah, dalam rangka meningkatkan mutu dan kecerdasan antar daerah di butuhkan pendidikan. Pendidikan amatlah penting.

Terkait pendidikan, pengembangan kurikulum dalam satuan pendidikan adalah sebagai jantung yang perlu di kembangkan dan di inplementasikan secara kontekstual untuk merespon kebutuhan daerah.

Sebab masing-masing daerah memerlukan pendidikan yang sesuai dengan karakteristik daerah masing-masing,karena peserta didik yang berbeda bahasa suku,maupun latar belakang yang beragam banyak terdapat di suatu satuan pendidikan.Oleh karena itu, peran kurikulum dalam pembelajaran di satuan pendidikan sangat penting.

Hal tersebut sesuai dengan ketentuan dalam undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.

Berdasarkan undang-undang dan peraturan pemerintah tersebut,di tegaskan bahwa pengembangan kurikulum disatuan pendidikan ialah :

  • Kurikulum di kembangkan dengan prinsip di versifikasi dengan tujuan agar memungkinkan penyesuaian program pendidikan pada satuan pendidikan dengan kondisi dan kekhasan potensi yang ada di daerah serta kebutuhan anak.
  • Kurikulum dalam pembelajaran di kembangkan dan di laksanakan di suatu lembaga pendidikan

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) meliputi :

Pengertian

KTSP adalah kurikulum oprasional yang di susun dan dilaksanakan oleh satuan pendidikan dan di sesuaikan dengan suatu daerah dan kebutuhan peserta didik di daerah satuan pendidikan tersebut.

Acuan Pengembangan

Kurikulum dalam pembelajaran di suatu satuan pendidikan mengacu pada standar nasional serta kerangka nasional dan juga struktur kurikulum.

Dokumen Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan

Dokumen I sekurang – kurangnya terdiri dari Visi dan Misi, Tujuan satuan pendidikan, muatan pembelajaran, pengaturan beban belajar dan kalender pendidikan.

Dokumen II berisi atau terdiri dari Perencanaan Program Semester (Promes).Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM).dan juga Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH).

Prinsip Penyusunan Kurikulum

Penyusunan Kurikulum di tingkat satuan pendidikan harus memperhatiakan prinsip-prinsip yang berpusat pada anak yaitu minat ,tumbuh kembang anak dan kebutuhan semua anak , juga kurikulum di kembangkan secara kontektual dan juga subtansi kurikulum harus mencakup semua substansi dimensi kompetensi.

Kurikulum di susun dengan memperhatikan perkenbangan anak juga agar semua program pengembangan menjadi dasar pembentukan keperibadian anak dan sikap sosialnya.

Prosedur dan Mekanisme Pengembangan Kurikulum

Prosedur dan mekanisme pengembangan kurikulum meliputi kegiatan-kegiatan seperti membentuk tim kerja kurikulum, penyusun drap dokumen kurikulum, tim kerja melakukan riviu dan revisi serta penetapan.

Dokumen kurikulum di sahkan oleh pejabat yang berwenang juga pelaksanaannyapun dilaksanakan oleh semua pihak dalam satuan pendidikan.

Pihak Yang Terlibat

Pihak-pihak yang terlibat dalam pembentukan KTSP adalah Kepala Sekolah, Pendidik,pemangku kepentingan yang relevan seperti dinas pendidikan setempat,tim pengembang, juga komite sekolah dan nara sumber yang terkait di lembaga pendidikan tersebut .

Penutup

Pedoman kurikulum di satuan pendidikan bertujuan agar setiap satuan pendidikan dapat memiliki kurikulum yang di sesuaikan dengan karasteristik suatu daerah dan kebutuhan anak dalam proses belajar mengajar.

Demikian uraian peran kurikulum di satuan pendidikan . Semoga bermanfaat jangan lupa untuk kembali berkunjung ke seobaru,com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *