Pengertian Web Hosting Jenis Dan Cara Kerjanya

Pengertian Web Hosting Jenis Dan Cara Kerjanya

Seobaru.comPengertian web hosting jenis dan cara kerjanya inilah pembahasan pada topik kali ini, salah satu yang sering digunakan dalam bisnis.

Bagi para pembisnis kata web hosting sudah tidak asing lagi tentunya, sebab agar bisnis dapat bersaing dengan kompetitor perlu mempunyai web site dan di daptarkan lewat web hosting.

Pengertian Web Hosting

Web hosting adalah layanan yang berbentuk daring untuk mengaktifkan website internet. Ketika anda menggunakan internet dan mencari website bisnis data yang diminta akan muncul dengan cepat.

Dengan web hosting yang menyediakan space server membuat data dengan mudah dicari. Sebab salah satu fungsi dari web hosting ialah untuk menjaga server tetap aktif.

Menjalankan server dengan baik, mengamankan dari cyber, serta memindahkan konten dari server pada website bisnis yang Anda kelola.

Cara Kerja Web Hosting

Bagi Anda yang penasaran juga baru pertama kali ingin membuat website, hal pertama yang harus dilakukan ialah mencari perusahaan hosting yang menyediakan space server.

Karena jika pelanggan mencari website bisnis Anda host atau web hosting akan menyediakannya, sebab seluruh data mulai dari foto, video atau gambar data bisnis ada pada web hosting tersebut.

Namun yang perlu diketahui space server seperti sewaan yang mana ada biaya yang di bebankan bisa memilih per bulan atau per tahun. Sama halnya ibarat koran digital.

Jenis – Jenis Web Hosting

Setiap penyedia jasa web hosting memiliki penawaran berbeda. Karena kebutuhan hosting tergantung bagaimana permintaan klien, dan tentunya kebutuhan orang juga berbeda-beda.

Semakin sering akses pelanggan ke website Anda maka semakin besar space server yang dibutuhkan. Berikut jenis-jenis web hosting beserta kelebihan dan kekuranganya:

Shared Hosting

Salah satu hosting yang sering digunakan pelanggan yang pertama ialah Shared hosting. sangat disarankan bagi pemula yang memulai bisnis menggunakan hosting ini.

Anda dapat malakukan cara yang sederhana dan mudah membagi server dengan para klien di penyedia layanan yang sama.

Kelebihan shared hosting ini sangat ramah bagi pemula bisnis, control panel yang lengkap, semua maintenance diserahkan pada penyedia hosting harganya juga terbilang murah.

Adapun kekurangannya ialah tidak bisa mengontrol konfigurasi yang menjadi tanggung jawab server serta saat website lain terhambat akan memberi dampak pula pada website ini.

Tapi kebanyakan para pebisnis pemula menggunakan shared hosting ini untuk mengembangkan bisnis yang sedang di mulai.

VPS Hosting

VPS hosting disajikan bagi website bisnis yang sudah mengalami traffic tinggi. Website ini memang masih berbagi server dengan lainnya. Namun, penyedia layanan telah membagi dengan porsi yang lebih sehingga ada alokasi khusus untuk memori dan computing.

Kelebihan dari VPS hosting di antaranya jika ada traffic di website lain, Anda tidak terdampak, pengelolaan bisa secara pribadi sebab memiliki akses ke server.

Karena bisa dikelola pribadi. Kekuranga pada server ini perlu memahami bagaimana manajemen server, dan tentu saja untuk soal harga maka berbeda jika dibandingkan sharid hosting.

Cloud Hosting

Berbagai bisnis dengan sekala besar banyak menggunakan cloud hosting sebab website dapat dikelompokan menjadi beberapa server. tak perlu khawatir ketika website Anda padat karena dapat dipindahkan ke website lain,

Kelebihannya ialah jarang sekali terjadi downtime atau hampir tak ada jika terjadi kesalahan pada server secara otomatis akan dipindahkan ke server lain.

Adapun kekurangannya akses ke root tidak selalu tersedia juga harganya yang sulit di perkirakan, namun tentunya harga sesuai kebutuhan dan kinerjanya.

WordPress Hosting

Bagi pengguna wordpress sangat dibutuhkan, namun pada umumnya tidak ada perbedaan dengan shared hosting akan tetapi pada WordPress terdapat konfigurasi yang optimal loading lebih cepat juga tidak banyak masalah.

Kelebihannnya ialah biaya yang murah, terdapat plugin, aneka ragam word press sangat cocok bagi pemula. Adapun kekurangannya hanya bisa menampilkan website yang dibuat menggunakan wordpress.

Penutup

Demikian tentang Pengertian web hosting jenis dan cara kerjanya , bagi anda yang ingin membuat website untuk bisnis bisa memilih salah satunya. Terimakasih sudah berkunjung ke seobaru.com

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published.