Pengertian Tujuan Dan Manfaat Teknologi Informasi

Seobaru.com-Hallo sobat seo, jumpa lagi dengan admin pada artikel kali ini akan membahas tentang pengertian tujuan dan manfaat teknologi informasi , dengan berkembangnya zaman sekarang ini tentunya kita akan memerlukan lebih banyak pengetahuan tentang teknologi.

Diantara banyak bidang yang perlu dikembangkan ialah teknologi informasi, karena merupakan bidang yang erat dengan perkembangan teknologi. Karena tanpa adanya teknologi informasi, mungkin tidak akan semaju seperti saat ini. pengertian tujuan dan manfaat teknologi informasi ialah:

Secara umum pengertian teknologi informasi adalah suatu studi perancangan, implementasi, pengembangan, dukungan serta manajemen sistem informasi berbasis komputer.Khususnya perangkat keras(hardware) juga perangkat lunak(software).

Menurut ITTA (Information Technology Asociation of Amerika) pengertian teknologi informasi adalah suatu studi, perancangan, implementasi, pengembangan, dukungan atau manajeman sistem informasi berbasis komputer, yang memanfaatkan komputert elektronik dan perangkat lunak komputer yang bertujuan untuk mengubah,menyimopan, memproses,melindungi,mentransmisikan juga memperoleh informasi secara aman.

Tidak hanya penting sebagai alat komunik via elektronik saja, tetapi teknologi informasi juga merupakan perangkat penting yang harusdi m iliki  berbagai kegiatan bisnis, yang berguna sebagai sarana untuk berkoordinasi dalam pengarsipan dokumen-dokumen penting.

Teknologi informasi juga di terapkan guna untuk pengelolaan satu bagian penting karena meningkatnya kompleksitas dari tugas manajemen, pengaruh ekonomi internasional (globalisasi),perlunya waktu tangkap(response time)yang lebih tepat, akibat dari persaingan bisnis.

Teknologi informasi memiliki fungsi yang sangat penting dalam berbagadiantara pungsinya ialah : menangkap (capture), menyimpan (storage), Mengolah (processing, Teransmisi (Teransmission) ,Mencari kembali (Retrieval), Menghasilkan (Generating).   

Tujuan Teknologi Informasi

Adapun tujuannya ialah untuk memecahkan suatu masalah dalam pekerjaan yang berkaitan dengan bisnis dan pesatnya teknologi, juga menunjukan kreativitas, meningkatkan efektivitas juga efisiensi dalam melakukan suatu pekerjaan. Karena dengan adanya teknologi informasi ini membuat pekerjaan manjadi lebih mudah.

Manfaat Teknologi Informasi

Teknologi informasi juga memiliki beragam manfaat dalam menunjang kehidupan sehari-hari, mengerjakan berbagai aktivitas dalam kesehariannya banyak menggunakan teknologi informasi tergantung dengan kebutuhannya seperti beberapa kebutuhan yang harus dipenuhi diantaranya ialah:

Untuk Pendidikan

Dengan majunya teknologi sekarang apalagi kegiatan belajar yang dilakukan secara online, juga beberapa pelatihan, tentunya teknologi informasi sangat dperlukan dan sangat bermanfaat bagi pendidikan.

Seperti komputer, smartphone sangat dibutuhkan bagi siswa dan guru sebagai alat yang penunjang proses belajar mengajar menjadi lebih efisien.

Untuk Bisnis Juga Perbankan

Dalam bisnis perbankan tentunya sangat bermanfaat karena teknolog informasi atau dalam bahasa inggris disebut IT(Information technology) dapat membantu dalam proses transaksi, menyimpan berkas lebih aman dan sistem perbankan yang lebih maju dan kreatif serta mengakses berbagai kegiatan dengan mudah.

Untuk Milter

Dengan adanya IT juga sangat bermanfaat bagi kegiatan militer seperti navigasi pada kapal selam, mengendalikan dan merancang pesawat, dan memberi signal atau akses dalam suatu keadaaan tertentu.

Untuk Teknik Dan Pengetahuan

Dalam hal ini kemajuan IT sangat bermanfaat sekali bagi teknk dan pengetahunan seperti memprediksi cuaca,angin, mempelajari struktur tanah, penghitungan suara, sebab saat ini internet dengan mudah dapat di akses sehingga pengetahuan dapat dengan mudah di peroleh seperti peringatan tentang suatu keadaan darurat seperti bencana dan lainnya.

Dalam bidang Kedokteran

Teknologi informasi atau IT tidak bisa lepas dari kegiatan kedokteran sebab sangat diperlukan seperti komputer dan alatnya yang di gunakan untuk mendiagnosa suatu penyakit, USG, Scan, Radiologi test Sweab semua itu membutuhkan IT.

Dalam Bidang Pemerintah

Untuk proses interaksi yang cepat antara pemerintah dan rakyatnya teknologi in formasi sangat bermanfaat sekali juga untuk menyimpan data dan mengakses semua data masyarakat dari berbagai kalangan dengan mudah efisien dan cepat.

Dalam bidang Hiburan, Permainan Juga Pekerjaan

Bukan hanya digunakan untuk pekerjaan,IT juga digunakan untuk sekedar obat lelah sehabis aktivitas dantaranya bermain game online dan sebagainya mencari hiburan tayangan tontonan dengan mudah,membuat konten kreatip,membuat animasi,periklanan juga memudahkan pekerjaan lewat online.

Penutup

Demikian  pengertian tujuan dan manfaat teknologi informasi yang dapat disampaikan pada artikel kali ini, dengan semakin maju dan berkembangnya zaman Teknologi informasi atau IT sangat berguna bagi aktivitas sehari-hari asal kita dapat menggunakannya dengan sebaik-baiknya,sebab kemajuan IT juga ada dampak postif juga negatif.Sekian dan terimakasih untuk selalu berkunjung ke artikel seobaru.com

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published.