Mengenal UKT dalam Istilah Kuliah

Mengenal UKT dalam Istilah Kuliah

Seobaru.com– Hallo sobat seo, ketemu lagi dengan admin, pada kesempatan kali ini akan memberikan sobat ulasan tentang mengenal UKt dalam istilah kuliah.

Dalam istilah perkuliahan tentu Anda pernah mendengar tentang Ukt ( uang kuliah tunggal), sistem pembayaran kuliah ini sebaiknya anda pahami sebelum mulai masuk kuliah, agar nantinya bisa mendapatkan pembagian yang sesuai dengan kemampuan orang tua.

Banyak juga yang menganggap Ukt sama dengan Bkt (biaya kuliah tunggal), padahal keduanya berbeda. selain namanya yang berbeda, ketentuan , sistem, dan pungsinyapun berbeda.

UKT adalah Uang Kuliah Tunggal

Yaitu sistem pembayaran yang pada saat ini berlaku di seluruh PTN ( Perguruan tinggi negri). Pembayaran Ukt ini di tanggung oleh setiap mahasiswa dan mahasiswi setiap satu semester juga oleh pemerintah telah disubsidi.

Setiap Mahasiswa dan Mahasiswi hanya membayar komponen UKT saja, hal itu sesuai dengan peraturan mentri pendidikan dan kebudayaan republik indonesia nomor 55 tahun 2013 pasal 1 ayat 3.

UKT adalah sistem pembayaran yang di tentukan berdasarkan penghasilan orang tua, UKT untuk setiap Mahasiswa dilakukan sebelum memasuki perkuliahan, semua calon mahasiswa mengisi formulir untuk nantinya menentukan hasil UKT.

Hasil UKT yaitu dari pengisian formulir pendapatan orang tua perbulannya. Seperti gaji bulanan, tunjangan, kekayaan, jumlah motor, mobil, biaya pendidikan anak, juga biaya hidup sehari-hari.

Fungsi UKT

UKT merupakan sistem pembayaran pendidikanyang mempunyai fungsi untuk memberikan subsidi silang yberdasarkan kondisi ekonomi dan sosial setiap orang tua Mahasiswa. Juga pengelompokan UKT berdasarkan pada pendapatan orang tua mahasiswa.

Tujuannya adalah untuk sedikit mengurangi biaya kuliah apabila dari segi ekonomi ada yang kurang mampu sehingga dengan adanya pengelompokan tersebut akan dapat membantu Mahasiswa.

Perbedaan UKT Dan BKT

Ada dua istilah disini yaitu UKT dan BKT. UKT adalah uang kuliah tunggal, yang harus dibayarkan oleh setiap mahasiswa dan mahasiswi setiap semester dan telah disubsidi oleh pemerintah.

Sedangkan BKT adalah biaya keseluruhan oprasional bagi tiap Mahasiswa dan Mahasiswi per semester pada program studi. Biaya UKT dihitung berdasarkan kemampuan atau keadaan ekonomi orang tua Mahasiswa sedangkan BKT dihitung berdasarkan program studi Mahasiswa.

UKT menerapkan subsidi silang dari pemerintah bertujuan untuk meringankan biaya kuliah bagi yang kurang mampu, sedangkan BKT adalah biaya keseluruhan kuliah yang tidak disubsidi oleh pemerintah.

BKT biaya kuliah sebagai dasar penetapan yang di bebankan kepada masyarakat juga pemerintah, sedangkan UKT merupakan biaya yang memperhatikan BKT. Itulah beberapa perbedaannya. Tentunya harus diketahui oleh setiap Mahasiswa sebelum masuk kuliah.

Penutup

Demikian ulasan tentang Mengenal UKT dalam Istilah Kuliah, semoga bermanfaat, sekian dan terimakasih untuk kembali berkunjung ke seobaru.com.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published.