Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan

Seobaru.com– Hallo sobat semuanya, pada kesempatan kali ini akan memberikan informasi tentang Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan.

Di dalam daun kelor terdapat beragam manfaat asal di konsumsi dengan benar, dapat juga menyembuhkan beberapa penyakit, diantaranya:

Mencegah penyakit kardiovaskular

Manfaat daun kelor untuk kesehatan adalah mampu mencegah penyakit kardiovaskular.Tanaman ini diyakini banyak orang mampu membantu meningkatkan kesehatan jantung dan menurunkan kolestrol.

Sejak dulu biji kelor juga dimanfaatkan sejak untuk menurunkan tekanan darah dan meningkatkan fungsi jantung. Sebuah setudi tahun 2017 terhadap subjek tikus, misalnya, menemukan bahwa biji kelor mampu melindungi dari penyakit jantung dan dapat mengobati tekanan darah tinggi.

Percobaan lainnya, yang dilakukan terhadap subjek tikus dan ditertibkan pada 2019 menemukan bahwa biji kelor dapat mencegah gangguan jantung dan pembuluhh darah terkait usia.

Walaupun penelitian baru dilakukan terhadap hewan, namun daun kelor juga berpotensi mengurangi peradangan terkait stres oksidatif dan relaksasi arteri untuk mempelancar aliran darah.

Akan tetapi, sejauh ini penelitian baru dilakukan pada hewan dan tabung reaksi. Perlu penelitian lebih lanjut mengenai efektivitas anti peradangan pada manusia.

Sebab Peradangan adalah respons alami tubuh terhadap infeksi atau cedera. Meski begitu, kondisi ini juga bisa menimbulkan masalah jika terus berlanjut dalam waktu lama.Peradangan berkelanjutan dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan kronis termasuk penyakit jantung dan kanker.

Menurunkan Kolestrol

Seperti yang telah disinggung sebelum daun kelor diyakini mampu membantu menurunkan kolestrol. Tingginya kadar kolestrol dalam tubuh biasanya terkait dalam peningkatan resiko sejumlah penyakit, termasuk penyakit jantung.

Kontaminasi arsenik dapat ditemukan pada air dan makanan, termasuk beras. Megonsumsi arsenik tingkat tinggi dalam waktu yang lama dapat menimbulkan berbagai penyakit, seperti penyakit jantung dan kanker.

Berdasarkan penelitian terhadap hewan, daun dan biji kelor dapat melindungi tubuh dari efek keracunan arsenik. Meski begitu, perlu penelitian lebih lanjut terkait efektivitas daun kelor terhadap keracunan arsenik pada manusia.

Mengatasi Disfungsi Ereksi

Daun kelor telah digunakan sejak lama untuk mengobati disfungsi ereksi dalam pengobatan tradisional, sebab daun ini dapat berperan sebagai afrodisiak atau membangkit gairah.

Meskipun belum terbukti pada manusia, penelitian pada tikus membuktikan bahwa kelor dapat meningkatkan fungsi seksual pada pria dengan meningkatkan kadar testosteron.

Menyehatkan mata

Di kutip dari dokter dan herbalis dari Tanggerang selatan, dr Prapti Utami dalam buku Daun kelor Anti diabetes. Sahabat Mata, pelindung ginjal yang ditulis oleh Redaksi trubus (2019) daun kelor kering mengandung vitamin A 10 kali lebih banyak dari wortel.

Daun kelor juga mengandung mineral dan nutrisi lain, termasuk antioksidan tinggi yang dapat membantu memperbai sel,sehingga dapat mendukung pemulihan fungsi mata.

Akan tetapi, mengkonsumsi kelor saja tida bisa memberi khasiat langsung pada mata. Daun ini sangat berperan sebagai pelengkap nutrisi. Namun daun kelor juga harus dikonsumsi secara bijak. Sebab mengkonsumsi daun kelor terlalu banyak justru akan berpengaruh bagi tekanan darah serta meningkatkan asam lambung.

Cukup konsumsi satu kantong teh celup atau setara 6 gram serbuk daun kelor per hari. Sedangkan daun kelor segar, disarankan hanya boleh dikonsumsi sekitar 30 gram per hari.

PENUTUP

Demikian artikel kali ini tentang Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan. Semoga bermanfaat. Sekian dan terimakasih untuk selalu berkunjung ke artikel seobaru.com

  

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published.