Konten Wajib Dalam Pitch Deck Untuk Meningkatkan Bisnis

Konten Wajib Dalam Pitch Deck Untuk Meningkatkan Bisnis

Seobaru.com– Hai sobat seo, jumpa lagi dengan Admin disini, pada pembahasan kali ini akan mengulas seputar bisnis yakni Konten wajib dalam Pitch Deck untuk meningkatkan bisnis.

Pitch deck adalah salah satu cara untuk menunjukan mengapa sebuah perusahaan harus mendapatkan investor yang menanamkan modal bagi perusahaan tersebut.

Dapat diartikan pula sebagai sebuah presentasi singkat yang menjelaskan gambaran singkat mengenai rencana bisnis kepada investor agar mereka tertarik untuk memberikan dana.

Pitch deck biasanya dibuat menggunakan berbagai macam tools umum seperti PowerPoint, KeyNote, atau Prezi.

Tak hanya untuk menjelaskan rencana bisnis, pitch deck juga bisa kamu gunakan saat bertemu dengan perusahaan lain untuk bekerja sama atau orang yang akan menjadi calon co-founder.

Tujuan dari dibuatnya pitch deck adalah untuk menarik investor agar mau membiayai atau mendanai startup yang dibuat. 

Melakukan presentasi dengan cara memberikan informasi sebanyak mungkin pada investor memang yang dibutuhkan.

Akan tetapi, pitch deck yang baik justru harus bisa disampaikan seringkas dan semudah mungkin untuk dipahami. Tampilannya yang sederhana, tujuannya yang realistis dan meyakinkan adalah hal penting yang perlu diperhatikan.

Bahkan idealnya adalah tidak lebih dari 19 slide presentasi, sumber yang lainnya juga ada yang menyatakan idealnya berjumlah 10 slide saja.

Ada beberapa hal yang perlu ada ketika kamu ingin membuat sebuah pitch deck, berikut ini Konten wajib dalam Pitch Deck untuk meningkatkan bisnis:

Konten Wajib Dalam Pitch Deck Untuk Meningkatkan Bisnis

Introduction

Isi dari slide pertama yang dibutuhkan adalah mengenai pengenalan atau introduction. Bagian ini adalah hal yang penting, karena kamu harus bisa menunjukkan kesan pertama yang baik pada investor.

Yaitu dengan menjelaskan siapa kamu dan permasalahan yang ingin kamu selesaikan secara singkat. Kamu juga bisa memberikan gambaran umum mengenai value proposition dari bisnis.

Gunakan satu kalimat saja untuk menjelaskan secara singkat mengenai bisnismu. Misalnya, membuat aplikasi Game, aplikasi untuk melacak kasus Covid, Proverti, investasi emas,dan lain sebagainya.

Problem

Pada slide yang selanjutnya, Anda perlu menjelaskan permasalahan apa yang dijumpai sehingga membuat produk atau layanan tersebut bisa terbentuk dengan data pendukung yang rinci.

Masalah ini biasanya akan didapatkan dari target pasar yang sudah ditentukan. Slide presentasi yang baik akan menampilkan sekitar dua sampai tiga masalah yang nantinya bisa dipecahkan dengan adanya produk atau layanan yang ditawarkan.

Solution

Setelah menemukan dan menjelaskan permasalahan yang dihadapi, selanjutnya adalah menjelaskan mengenai solusi yang diberikan untuk pemecahan masalahnya. Uraikan dengan jelas dan ringkas agar dapat dipahami oleh investor. Salah satu caranya adalah dengan penggunaan font yang tebal dan besar untuk menarik perhatian.

Selain itu, Anda juga bisa memberikan beberapa solusi kemudian memilih solusi mana yang lebih tepat dan alasannya. Kamu bisa memfokuskannya pada bagaimana bisnis tersebut bisa membantu dalam memecahkan masalahnya.

Target Pasar

Pasar yang dipilih bisa menentukan apakah bisnismu cocok untuk mendapatkan pendanaan atau tidak. Jika target pasar yang dipilih terlalu kecil, mungkin investor akan berpikir untuk terlalu riskan jika melakukan pendanaan. Untuk itu, perlu dilakukan riset guna mengetahui pertumbuhan pasar agar investor bisa lebih mudah mengetahui potensi dari produk atau layanan yang ditawarkan.

Produk

Selanjutnya Anda harus menunjukkan produk atau layanan yang dijual oleh bisnis yang sedang dikembangkan. Jika dalam bentuk benda fisik, maka kamu bisa memberikan beberapa foto dengan sudut yang berbeda.

Kamu juga perlu menampilkan foto yang menyoroti fitur dan bahan produk. Namun jika dalam bentuk aplikasi atau layanan, maka bisa dalam bentuk tangkapan layar yang menampilkan beberapa kelebihan atau keunikannya

Traction

Selanjutnya adalah traction atau pertumbuhan dari bisnis yang selama ini sudah di jalankan. Anda bisa menjelaskan berapa banyak jumlah penjualan yang sudah dihasilkan, tujuan yang sudah tercapai dan tahapan selanjutnya yang akan dilakukan.

Tujuannya adalah untuk memberikan bukti bahwa bisnis kamu bisa menjadi bisnis yang menguntungkan. Disisi lain, hal ini juga membantu investor mengurangi risiko yang bisa terjadi.

Team

Bagian ini kamu akan menjelaskan siapa saja bagian inti dari team atau bisnis yang sedang dijalankan. Tujuannya untuk melihat apakah investor benar-benar tertarik dengan anggota tim dan untuk melihat apakah mereka bisa membuat proyek tersebut sukses.

Setiap orang nantinya perlu diberikan penjelasan mengenai bagian atau apa pekerjaan yang mereka lakukan dalam proyek tersebut.

Competition

Pitch deck memang berguna untuk memberikan penjelasan mengapa sebuah proyek bisnis penting untuk didanai.

Oleh karenanya, pada bagian ini kamu perlu menjelaskan siapa yang menjadi kompetitor bisnismu. Kamu juga perlu menjelaskan apa perbedaan atau keunikan yang bisa kamu miliki dibandingkan dengan kompetitor yang lainnya.

Financials

Biasanya bagian slide keuangan atau financial ini merupakan bagian dimana investor akan sangat memperhatikannya. Bagian ini akan menjelaskan mengenai pertumbuhan proyek bisnis dalam kurun waktu tiga sampai lima tahun. Selain itu, juga dijelaskan mengenai bisnis model dan revenue streamnya.

Agar tampilannya lebih menarik, coba untuk menggunakan tampilan diagram batang dan penggunaan warna agar lebih mudah dipahami. Informasi seperti ini memang belum bisa dipastikan, akan tetapi investor ingin melihat sejauh apa bisnis kamu bisa berkembang dan berusaha untuk mencapai target.

Investment and Use of Fund

Sebelum kamu menyimpulkan hasil dari presentasi, jangan lupa untuk menanyakan apa yang kamu butuhkan dari investor.

Akan lebih baik jika kamu memberitahu investor mengenai rencana apa yang akan dilakukan dengan modal tersebut. Tujuannya untuk membantu membangun kepercayaan sehingga investor yang akan menganggap kamu serius dalam proses pendanaannya.

Penutup

Demikian yang dapat disampaikan pada kesempatan kali ini tentang Konten wajib dalam Pitch Deck untuk meningkatkan bisnis, semoga menambah wawasan dan bermanfaat, terimakasih untuk kembali mengunjungi seobaru.com

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published.