Keuntungan Investasi Saham Dan Risikonya

Keuntungan Investasi Saham Dan Risikonya

Seobaru.com– Hallo sobat semuanya, ketemu lagi dengan admin pada kesempatan kali ini akan memberikan sobat informasi tentang Keuntungan investasi saham dan risikonya.

Cerita keberhasilan investasi saham para investor sebenarnya membuat banyak orang tertarik untuk berinvestasi. Namun banyak juga yang masih ragu untuk memulai investasi.

Salah satu penyebabnya ialah kurangnya pemahaman akan investasi saham, itu sebabnya di indonesia sendiri keterlibatan dalam rasioinvestasi bisa dibilang sangat sedikit. Jika sobat tertarik untuk berinvestasi sebaiknya belajar  terlebuh dahulu cara investasi saham.

Salah satunya pastikan kamu memahami keuntungan dan risikonya. Untuk bahan reperensi, berikut ulasan terkait Keuntungan investasi saham dan risikonya:

Keuntungan Investasi Saham

Dikutip dari perencanaan keuangan Advisort Aliance Group Indonesia Andi Nugroho, dia mengatakan “ Secara umum sebenarnya ada dua manfaat yang di dapat dari investasi saham, yaitu capital gain atau margin atas harga beli dan  harga jual dan dividen dari perusahaan. Dan keuntungannya pun lebih besar dibanding investasi lain.

Dividen

Dividen adalah pembagian keuntungan atau laba kepada kita sebagai pemegang saham. Biasanya dividen dibagikan per kuartal, atau bisa juga dibagikan pertahun. Besarnya tergantung dari kebijakan perusahaan itu sendiri.Ada dua jenis dividen, yaitu dividen tunai dan dividen saham.

  • Dividen tunai artinya perusahaan memberikan uang tunai untuk setiap lembarsaham kepada pemegang saham.
  • Dividen saham artinya dividen yang diberikan perusahaan berupa saham, jadi jumlah saham yang dimiliki investor akan bertambah.

Capital gain

Capital gain adalah sebuah kenaikan dari nilai atau harga sebuah saham. Keuntungan ini baru bisa kamu dapatkan ketika saham yang kamu pegang dijual, dengan harga yang lebih tinggi  dari harga waktu ketika membelinya. Selisih diantaranya dan itulah keuntunganmu.

Hak Kepemilikan Saham

Dengan berinvestasi saham, kamu dapat menjadi bagian dari salah satu pemilik bisnis. Pemegang saham juga punya hak untuk menghadiri rapat umum pemegang saham (RUPS).

Pelaporan Informasi Yang Transparan

Pengelolaan dan pengaturan di pasar saham dilakukan dengan baik dan transparan. Mulai dari penilaian, penetapan harga, hingga laporan keuangan.

Itulah tadi manfaat atau keuntungan dari investasi saham, sedangkan kekurangan atau resikonya tentu ada berikut admin sediakan dibawah ini:

Kekurangan Atau Risiko Investasi Saham

Investasi ini seringkali disebut sebagai investasi tinggi risiko. Ada beberapa istilah di dalamnya diantara risiko dari investasi saham ialah:

Cavital Loss

Capital loss adalah kebalikan dari capital gain, yaitu nilai saham yang dipegan g investor akan turun karena terjadi fluktuasi bursa. Kerugian ini baru akan dialami ketika investor menjual sahamnya yang sedang mengalami capital loss.

Suspend

Risiko lain dari investasi saham adalah, saham yang kita miliki terkena susped atau diberhentikan perdagangannya oleh Bursa Efek Indonesia (BEI).

Penyebab terrjadinya susped itu  sangat beragam, namun penyebab umumnya disebabkan karena adanya kasus yang cukup serius yang melibatkan perusahaan yang menerbitkan sahamnya di bursa.

Kondisi tersebut membuat investor tidak dapat menjual atau membeli saham-saham tersebut sampai suspendsi di cabut.

Delistig

Kalau yang ini adalah risiko dimana sebuah saham telah dihapuskan dalam pencatatan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) Usai delisting, saham tidak akan bisa ditransaksikan lagi. Status prusahaan yang telah diledisting biasanya tetap menjadi perusahaan publik hanya saja sahamnya tidak lagi tercatat di Bei.

PENUTUP

Demikian yang dapat disampaikan pada ulasan kali ini tentang Keuntungan investasi saham dan risikonya. Semoga bermanfaat, sekian dan terimakasih untuk selalu berkunjung ke artikel seobaru.com.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published.