Ketahui Pengertian Advis Debit, Jenis dan Contohnya

Seobaru.com – Hallo sobat seo, masih bersama Admin disini yang selalu setia menemani sobat semua dalam sajian sajian informasi yang menarik, pada kesempatan kali ini admin akan membahas sedikit ulasan terkait dengan pengertian Advis Debit, Jenis dan Contohnya.

Advis debit merupakan pemberitahuan poihak bank kepada nasabah mengenai pengurangan jumlah saldo yang terjadi di rekening nasabah. Dalam kamus besar bahasa indonesia sendiri Advis debit merupakan surat pemberitahuan bank mengenai adanya pengurangan dana pada rekening nasabah beserta penyebabnya.

Pengertian Advis Debit

Advos debit adalah bagian dari advis yaitu pemberihatuan dari pihak bank kepada nasabah tentang transaksi- transaksi yang telah terjadi kepada rekening nasabah. Advis debit ini terdiri dari dua kata yakni “Advis” dan “debit”. Debit yaitu makna pengurangan jumlah saldo pada buku rekening nasabah.

Itu berarti dapat di artikan bahwa , advis debit adalah pemberitahuan pihak bank kepada nasabah tentang pengurangan jumlah saldo pada buku rekening, berupa surat pemberitahuan.

Konsep Advis Debit

Konsep kredit dan debit adalah inti dari perbankan modern. Adanya hal ini membant perbankan menjalankan bisnisnya lebih efesien, dan juga memastikan bahwa rekening nasabah mencerminkan saldo yang akurat. Tingkat akurasi advis debit ini membantu perbankan mempertahankan nasabah dan juga meningkatkan reputasi nama baik di pasar.

Perbedaan Advis Debit dengan Advis Kredit

Perbedaan advis debit dan advis kredit ini adalah mengenai isi pemberitahuan dari pihak bank yang di berikan kepada nasabah. Advis debit yaitu pemberitahuan isi saldo nasabah bank yang berkurang.

Sedangkan advis kredit sendiri yaitu pemberitahuan dari pihak bank kepada nasabah tentang saldo rekening nasabah yang bertambah.

Penerapan Advis Debit

Seiring dengan kemajuannya teknologi internet avis debit ini bisa dilakukan dengan cara real-time atau saat itu juga dengan melalui advis elektronik. Salah satu penerapan yang biasanya di lakukan yaitu nasabah bisa meminta pihak bank untuk memberitahukan tagihan bulan yang nantinya akan dipotong secara otomatis.

Fungsi Advis Debit

  • Advis Debit digunakan untuk memberitahukan nasabah bank tentang penarikan rekening dengan lembaga keuangan.
  • Sebuah Advis Devit menginformasikan pelanggan tentang transaksi debet terhadap rekening, termasuk rincian jumlah, biaya dan lain sebagainya.
  • Advis Debit ini juga berisi informasi yang memungkinkan rekonsilisasi otomatis pengiriman yang dikirim perintah pembayaran.

Contoh Advis Debit

Contoh umum dari Aadvus debit ini adalah laporan bulanan yang tercetak dan mencantumkan semua transaksi yang telah di lakukan selama satu bulan tersebut. Jika Advis Debit ini dilakukan secara online berarti Aanda dapat melihat laporan transaksi untuk periode khusus.

Ada jug contoh lainnya seperti saat Anda melakukan pembayaran telepon melalui sistem perbankan maka Anda akan mendapatkan teks pesan dari pihak bank mengenai informasi tentang transaksi terebut yang telah berhasil di lakukan.

Akhir Kata

Demikian itulah sedikit ulasan yang bisa Admin sampaikan terkait dengan Ketahui Pengertian Advis Debit, Jenis dan Contohnya semoga informasi ini dapat berguna dan bermanfaat untuk kita semuanya dan jangan lupa untuk selalu berkunjung ke seobaru.com agar tidak ketinggalan informasi yang menarik diartikel selanjutnya. Sekian dan terimakasih.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published.