Jenis Skill Dan Literasi Yang Harus Dikuasai Pengusaha Agar Sukses

Jenis Skill Dan Literasi Yang Harus Dikuasai Pengusaha Agar Sukses

Seobaru.com– Hai sobat seo dimanapun berada, Jenis skill dan literasi yang harus dikuasai pengusaha agar sukses, adalah informasi yang akan admin berikan pada kesempatan kali ini.

Skill dan literasi adalah kemampuan seseorang untuk membaca dan menulis, berbicara, menghitung, dan memecahkan masalah pada tingkat keahlian yang diperlukan dalam pekerjaan keluarga dan masyarakat.

Namun literasi sebenarnya tidak hanya dimaknai itu saja tetapi sebagai kemampuan kognitip seseorang untuk bisa memecahkan masalah.

Sangat baik dan pantas apabila seorang pengusaha memiliki kemampuan literasi yang baik, apalagi ketika sedang merimtis UMKM, agar berkembang dan sukses.

Jenis Skill Dan Literasi Yang Harus Dikuasai Pengusaha Agar Sukses

Jenis Skill Dan Literasi Yang Harus Dikuasai Pengusaha Agar Sukses

Sebagian dari anda tentunya sudah banyak yang mengetahui, namun satidaknya ada 3 jenis literasi yang harus dikuasai untuk menunjang skill Anda sebagai seorang pengusaha, berikut selengkapnya:

Literasi Digital

Jenis literasi pertama yang harus dikuasai saat ini adalah literasi digital. Di era yang serba modern dan saling terhubung ini, mustahil untuk berkembang tanpa mengandalkan ragam platform digital.

Paul Gilster, dalam bukunya yang berjudul Digital Literacy, mengemukakan bahwa literasi digital berarti kemampuan untuk memahami dan menggunakan informasi dalam berbagai bentuk dari berbagai sumber yang sangat luas yang diakses melalui piranti komputer.

Sedangkan Bawden, dalam karyanya yang bertajuk Information and Digital Literacies: A Review of Concepts, mengaitkan literasi digital dengan keterampilan teknis mengakses, merangkai, memahami, dan menyebarluaskan informasi.

Kebanyakan masyarakat Indonesia sudah menggunakan dunia maya. Inilah kesempatan yang bisa Anda gunakan, yaitu dengan memanfaatkan internet untuk mengembangkan UMKM.

Sudah tidak bisa lagi menutup mata dan terjebak dalam paradigma kuno bahwa bisnis kecil tidak bisa beralih ke dunia digital.

Coba saja perhatikan ragam eCommerce yang bermunculan seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, JD.id, dan lain sebagainya.

Mereka adalah platform digital yang bisa Anda gunakan untuk memasarkan produk, bahkan hingga ke pelosok nusantara.

Selain itu, banyak juga toko online dengan niche yang berbeda-beda. Contohnya seperti Ralali, Bobobobo, dan Muslimarket. Melihat perkembangan mereka yang cukup pesat, seharusnya sudah cukup menjadi dasar pijakan langkah Anda untuk berani merancang model bisnis berbasis digital.

Literasi Data

Data menjadi hal penting dalam menjalankan bisnis karena data merupakan pijakan dasar dalam mengambil keputusan.

Secara definisi, literasi data adalah kemampuan untuk membaca, menganalisis, dan membuat keputusan berdasarkan data dan informasi yang diperoleh.

Informasi ini pun bisa dikumpulkan dari berbagai sumber, baik secara manual seperti melakukan survei, wawancara, dan focused group discussion, maupun secara digital.

Kemampuan untuk mengolah data adalah hal krusial yang harus dikuasai oleh pengusaha UMKM. Perlu diketahui, data yang Anda peroleh di lapangan dapat diolah menjadi informasi atau insights yang bisa menjadi input krusial untuk pengambilan keputusan bisnis.

Cerdas dalam pengolahan data akan berujung pada peningkatan performa penjualan. Namun, perlu diingat, salah dalam pengambilan dan pengolahan data justru bisa membuat bisnis Anda akan sulit berkembang.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk mencari mereka yang ahli dalam mengolah data, atau pun mengandalkan tools atau teknologi tertentu.

Literasi Humaniora

Literasi jenis ini fokus utamanya adalah sumber daya manusia, jika sebelumnya teknologi merupakan pilihan literasi namun teknologi hanyalah untuk mempermudah hidup manusia.

Teknologi bukanlah sebuah kepastian yang diandalkan secara terus menerus bila tujuan utama adalah teknologi, maka kemampuan manusia untuk berkembang sangat sedikit.

dalam hal ini Anda harus mempersiapkan diri bersama para karyawan atau pegawai Anda untuk mengoprasikan atau memanfaatkan teknologi dengan baik.

Ketiga literasi diatas harus dilaksanakan dan dipadu padankan dengan baik karena jika anda hanya pokus satu interasi dan tidak melakukan sisanya, maka UMKM anda sulit untuk berkembang pesat.

Jadi jangan ragu untuk mempelajari hal hal baru sebab sulit laju dunia ini begitu cepat akan selalu ada hal baru yang bisa jadi peluang emas bagi mereka yang merespon dengan cepat dan tepat.

Penutup

Demikian yang dapat disampaikan kali ini tentang Jenis skill dan literasi yang harus dikuasai pengusaha agar sukses, semoga menambah wawasan dan bermanfaat, sekian dan terimakasih untuk berkunjung ke seobaru.com

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published.