Ini Dia Cara Investasi Bitcoin Bagi Para Pemula

Seobaru.com – Hallo sobat seo, kembali lagi bersama admin disini, Pada kesempatan kali ini Admin akan membahas sebuah informasi terkait dengan Ini Dia Cara Investasi Bitcoin Untuk Para Pemula.

Tidak ada yang namanya memulai suatu investasi itu langsung merasakan untung, akan ada banyak proses dan hal yang harus dipelajari agar bisa mencapai satu target. Nah, seperti ketika kamu ingin mencoba investasi Bitcoin pastinya kamu harus memahami terlebih dahulu tentang investasi ini.

Keberadaan investasi bitcoin sekarang ini semakin populer. Maka tidak heran semakin banyak investor yang mulai melirik investasi digital yang satu ini. Kepopuleran Bitcoin tidak sembarangan diragukan lagi ya sobat, meskiupun sempat mengalami berbagai rumaor yang tidak mengenakan karena kurangnya sosialitasi dan wawasan banyak orang pada saat itu, akan tetapi sebenarnya investas bitcoin cukup aman dan sangat menguntungkan.

Nah, buat kamu yang tertarik dengan investasi Bitcoin ini dan ingin mencoba belajar investasi jual-beli bitcoin ini dan merasakan hasilnya yuk simak caranya berikut ini.

Cara Investasi Bitcoin Bagi Pemla

1. Membuat Akun

Cara yang pertama adalah mendaftar dan membuka akun di exchange itu adalah persyaratan yang utama jika kamu ingin memulai bitcoin pertama untuk kemudian di investasikan.

Kamu bisa melakukan pendaftarannya secara onine, baik melalui aplikasi mobile atau lewat websit. Aplikasi bisa di unduh di Google Play Store atau Apple Store. Syarat untuk membuka akun adalah dengan mengisi Nama, Email, alamat, dan juga menyeytujui ketentuan perjanjian dan kebijakan privasi.

2. Mendapatkan Verifikasi KYC

Setelah kamu membuka akun, yang selanjutnya kamu harus mendapatkan verifikasi KYC untuk bisa lanjut ke langkah yang selanjutnya. Jika kamu tidak mendapatkan verifikasi ini, maka kamu tidak bisa melakukan transaksi meskipun sudah membuat akun.

Verifikasi KYC merupakan proses penting untuk melindungi semua pesertaexchange dan memastikan kebijakan AML ( Anti Money Laundering ) dilaksanakan dengan baik.

Ada beberapa proses verifikasi KYC yang terdiri atas unggah foto ID, mengisi data pribadi, mengambil selfie foto dengan gerakan yang normal dan gerakan acak. Data KYC ini akan di proses setidaknya membutuhkan waktu 1 hari kerja.

Selain itu, ada juga beberapa hal yang perlu di perhatikan saat verifikasi yaitu pastikan kamu belum memiliki akun di exchange, memnberikan data pribadi dengan benar dan akurat, dan memberikan foto yang sesuai dengan KTP. Pada saat upload KTP harus asli dan harus jelas.

3. Melakukan Deposit Terlebih Dahulu

Nah, untuk bisa membeli bitcoin aset kripto yang lainnya, kamu harus melakukan Deposit rupiah ke rekening yang sudah ditentukan.

Pada umumnya setoran minimum mulai dari Rp 30000 – Rp 50000. Akan tetapi, ada juga exchange yang meminta minuman deposit sampai minimum Rp 500000. Berikut ini adalah beberapa cara deposit yang d tawarkan oleh exchange:

  • Transfer bank (rekening & virtuak account)
  • E-wallet (OVO, GoPay, ShoppePay)
  • Setor tunai ke kantor
  • PPOB (Alfamart dll)
  • Kartu kredir, Kartu Debit (hanyta exchange di luar negri )

Selain itu kamu bisa juga deposit dalam bentuk koin, bisa Bitcoin, Ethereum dan juga jenis koin lainnya. Di setiap exchange terdapat daftar coin yang di terimasa deposit. Exchange akan mengeluarkan “alamat” wallet. Nah, alamat ini yang digunakan untuk mengirimkan coin dari exchange lain.

4. Memilih Pair Aset Kripto

Sebelum kamu melakukan transaksi, kamu harus memilih pair atau pasangan terlebih dahulu yang ingin di tradingkan. Pair yang paling populer adalah Bitcoin terhadap Rupiah atau berapa harga Bitcoin dalam Rupiah.

Pair ini sama seperti ketika kamu membeli valas, USD to IDR, berapa Rupiah harga 1 U$$. Jenis pair asetkripto yang bisa diperdagangkan juga berbeda-beda di setiap exchange.

5. Mulai Order

Agar bisa akhirnya melakukan jual beli, pengguna harus melakukan order di aplikasi atau website exchange. Ada beberapa jenis order yang wajib diketahui apalagi jika kamu pemula, karena jenis order ini berhubungtan dengan fee yang harus dibayar:

  • Limit (Maker)

Jenis order ini adalah user memasang pada harga tertentu dan tidak pada harga yang ada di pasar pada saat itu. Jadi, transaksi tidak langsung terjadi pada saat itu juga.

  • Market (Taker/ instan)

Jenis order yang selanjutnya adalah market (Taker/instan) jenis order ini bisa langsung di eksekusikan karena mengikuti posisis harga pasar yang ada. Jadi, kalau order beli, beli di harga pasar saat itu, da kalau order jual, jual di harga pasar saat itu.

  • Order Book

Order book merupakan data yang disediakan ole exchange di aplikasi, yang menunjukan urutan order yang ada di exchange saat ini berdasarkan jumlahnya. Jadi, ketika suatu order sudah terjadi maka berikutnya order tersebut akan keluar dari order book.

Kelebihan dari order boook ini adalah menunjukan tentang bagaimana pergerakan harga di pasar dan kedalaman jumlah ordernya.

6. Mulai Lakukan Transaksi Beli- Jual

Setelah memilih pair yang ingin diperjual belikan. Maka kamu tinggal membuat orderannya dengan memasukan harga dan jumlah BItcoin yang hendak dibeli, kemudian akanmuncul jumlah rupiah yang dibutuhkan. Lalu pilih jenis order, taker ataupun maker.

Jika kamu memilih taker, order akan langsung tereksekusi pada saat itu juga sesuai dengan harga pasar yanga ada dan jumlah kepemilkin bitcoin akan lansung terupdate dan jumlah deposit Rupiah berkurang sesuai dengan jumlah pembelian yang dilakukan.

Jika kamu memilih maker, order tidak akan langsung terjadi dan harus menunggu sampai match di harga yang di inginkan. Selama match belum terjadi, order akan menunggu di order book.

Satuan jumlah beli dan jual bitcoin bisa sampai dengan delapan digit di belakang koma, yakni 0.00000001 BTC. Jadi, kamu bisa bertransaksi dengan angka yang cukup kecil misalnya seperti 0.3870426 BTC.

7. Withdraw/Penarikan

Untiuk menarik bitcoin kamu menjadi kedalam bentuk rupiah caranya tidaklah sulit, yakni dengan mengajukan penarikan di aplikasi yang kamu gunakan.

Selain itu kamu juga bisa menarik bitcoin yang dimiliki di exchange. Tinggal memasukan alamat wallet yang menjadi tujuan pengiriman bitcoin. waktu yang dibutuhkan untuk proses penarikan ke rupiah yaitu beberapa menit sampai 1 x 24 jam.

8. Transfer Bitcoin

Setelah penarikan, bitcoin juga bisa di transfer kepada investor bitcoin lainnya yang satu exchange dengan mu. Caranya cukup mudah dengan mengisi alamat alamat wallet yang dituju untuk kirimkelur exchange atau menuliskan user ID untuk kirim ke dalam satu exchange. Alamat wallet ini menjadi semacam no rekening jika mentransfer uang. Wallet sendiri yaitu tempat penyimpanan aset kripto.

Akhir Kata

Demikian itulah yang bisa Admin sampaikan terkait dengan Ini Dia Cara Investasi Bitcoin Bagi Para Pemula semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu yang ingin investasi bitcoin dan jangan lupa untuk selalu berkunjung ke seobaru.com agar tidak ketinggalan informasi yang menarik lainnya. Terimakasih!

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published.