Gambar diambil dari,suarasurabaya.net

Hal Yang Harus Dilakukan Sebelum Dan Sesudah Vaksinasi Covid-19

Posted on

Seobaru.com. Halllo sobat setia Seobaru, kembali lagi bersama admin, pada artikel kali ini akan membahas tentang Hal yang harus dilakukan sebelum dan sesudah vaksinasincovid-19.

Semakin meningkatnya kasus covid-19 di indonesia,membuat pemerintah semakin gencar melaksanakan program vaksinasi bagi berbagai kalangan warganya baik petugas kesehatan,guru,aparat pemerintah dan lansia.Sebelum kita di vaksin ada beberapa Hal yang harus dilakukan sebelum dan sesudah vaksinasincovid-19.

Program Vaksin gencar dilkukan agar wabah Covid-19 ini cepat berakhir.Selain gencar melaksanakan program vaksinasi juga menerapkan protokol kesehatan.Pemerintah menargetkan sekitar 400 juta vaksin untuk penduduknya yang akan di berikan secara bertahap.

Tahapan pertama diberikan kepada tenaga kesehatan atau kelompok yang beresiko tinggi yang sudah berlangsung sekitar januari-april 2021, sedangkan priode kedua mulai april 2021-maret 2022.Semua itu dilakukan agar terbentuk kekebalan kelompok sehingga proses penularan virus dapat dicegah.

Jika anda termasuk yang mendapatkan vaksinasi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum anda di vaksin covid -19 yaitu:

Hindari Minuman Beralkohol

Kebiasaan meminum minuman beralkohol adalah kebiasaan yang kurang baik sebab dapat melemahkan daya tahan tubuh seseorang.Jika anda hendak melakukan vaksinasi covid-19,minimal 2 hari sebelumnya anda harus menghindari minuman yang beralkohol.

Dan 14 hari sesudah vaksinasi juga hindari minuman beralkohol,agar menghasilkan imun tubuh yang kuat,sehingga tubuh dapat membentuk kekebalan sehingga dapat melawan virus corona atau mencegah inpeksinya. Hal yang harus dilakukan sebelum  sesudah vaksinasincovid-19 selanjutnya ialah:

Hindari Olah Raga Yang Berlebihan

Melakukan olah raga yang rutin, baik bagi tubuh agar bugar dan sehat sehingga imun tubuh tetap terjaga.Namun bagi orang yang akan di vaksinasi harus menghindari olah raga yang berlebihan sebab juga aktivitas yang berlebihkan atau melelahkan sebab bisa menurunkan daya tahan tubuh.

Mencukupi Kebutuhan Nutrisi

Agar imun tubuh tetap terjaga dan meningkat,sebaiknya sebelum melakukan vaksinasi cukupi semuah kebutuhan nutrisi anda seperti komsumsi makanan yang mengandung protein, vitamin dan mineral, selama seminggu sebelum dan sesudah divaksinasi

Istirahat Yang Cukup

Hal yang harus dilakukan sebelum dan sesudah vaksinasincovid-19, yaitu beberapa hari sebelum anda vaksinasi cukupi kebutuhan istirahat anda,dengan tidur minimal 8-9 jam perhari dan hindari begadang setiap malamnya.

Jalani pengobatan Oleh Dokter

Bagi anda yang akan melakukan vaksinasi namun mempunyai penyakit yang kronis seperti darah tinggi,diabetes atau lainnya,disarankan untuk konsultasi dulu ke dokter dan melakukan pengobatan sebab salasatu sarat mendapatkan vaksin bagi penderita penyakit kronis adalah kondisinya harus sehat dan menjalani proses pengobatan yang teratur

Menjelaskan kondisi kesehatan secara menyeluruh

Anda harus memberi tahu dokter atau petugas vaksinasi tentang kondisi kesehatan anda secara detail sebelumnya, misalnya seperti riwayat alergi, demam ,penyakit bawaan,atau penyakit yang anda derita.Agar proses vaksin dapat dilaksanakan atau tidaknya tergantung beberapa penyakit yang di derita.

Hal yang harus dilakukan sebelum dan sesudah vaksinasincovid-19.selanjutnya ialah bagi orang yang sudah melaksanakan Vaksin covid-19 hendaknya melakukan langkah-langkah berikut:

Memperhatikan Gejala Yang Terjadi Setelah Mendapatkan Vaksin

Berbagai jenis vaksin bahkan vaksin covid-19 akan menimbulkan epec samping ringan,seperti pegal bekas suntikan,demam,menggigil,pusing kepala ada juga yang nyeri pegal linu atau tida enak badan oleh karena itu disarankan jika anda mengalami epek tersebut disarankan untuk konsultai ke dokter

Redakan efek samping vaksin

Jika anda mengalami efek samping setelah melakukan vaksinasi untuk meredakannya anda disarakan untuk beristirahat yang cukup, memberi kompres dingin pada area suntikan, dan lebih sering menggerakan lengan yang disuntik.Anda juga bisa meminum obat pereda nyeri seperti parasetamol jika sangat memerlukannya.

Selanjutanya yang harus dilakukan sesudah vaksin covid-19 ialah menjaga asupan nutrisi, istirahat yang cukup, juga tetap menerapkan protokol kesehatan.Agar tubuh dapat meningkatkan proses kekebalannya dan dapat menangkal radikal bebas dan dapat terhindar dari berbagai virus terutama virus covid-19.

Demikian artikel kali ini tentang hal yang harus dilakukan sebelum dan sesudah vaksin covid-19.Semoga bermanfaat dan kita semua terhindar dari berbagai macam penyakit, so jangan lupa untuk kembali berkunjung ke artikel seobaru.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *