Hal Yang harus Dilakukan agar aki Kendaraan awet

Hal Yang harus Dilakukan agar aki Kendaraan awet

Seobaru.com Hal Yang harus dilakukan agar aki Kendaraan awet, adalah pembahasan admin pada artikel kali ini. Aki merupakan komponen penting yang ada pada setiap kendaraan,baik pada kendaraan roda dua maupun roda empat.

Batrai atau yang sering dikenal dengan nama aki merupakan komponen yang memiliki fungsi yang sangat penting pada kendaraan, dan jika terus menerus digunakan aki bisa saja rusak.

Oleh karena itu apabila berkendara untuk kenyamanan sebaiknya memperhatikan atau merawat aki agar awet dan tidak cepat rusak.

Ada beberapa cara agar Aki pada motor atau mobil Anda awet dan tidak cepat rusak, untuk itu yuk, simak selengkapnya ulasan dibawah sampai tuntas.

Memastikan Pemasangan Pertama Kali

Pemasangan aki pertama kali pada motor Anda rupanya berpengaruh terhadap kualitas aki ke depannya. Namun hal tersebut hanya berlaku untuk Anda yang membeli dan menggunakan aki bekas.

Lihat dan cek terlebih dahulu kondisi aki bekas yang Anda ingin beli. Perhatikan tegangan, takaran air aki dan sebagainya.

Hal Yang harus Dilakukan agar aki Kendaraan awet

Harus Spesifikasi Kendaraan

Perlu Anda ketahui bahwa. tidak semua aki cocok untuk kendaraan Anda. Maka hal ini juga merupakan faktor untuk menentukan keawetan aki.Hal itu dilihat melalui patokan spesfikasi kendaraan Anda.

Apabila aki dapat sesuai pada spesifikasi kendaraan maka umur pemakaian akan bertahan lama, dan jika tidak mengetahui lebih jelas aki menjadi lebih pendek. untuk itu lebih jelasnya, Anda bisa menanyakan kepada toko terpercaya supaya kendaraan Anda diberikan rekomendasi aki yang tepat.

Rutin Melakukan Servis

Meski aki merupakan jajanan awet bukan berarti tidak perlu perawatan servis. Pasalnya aki kendaraan juga perlu kelakukan perawatan agar nyaman dan tahan lama.

Apalagi jika Anda memakai aki basah. harus melakukan servis atau perawatan seperti merawatnya dengan mengisi ulang air aki jika diperlukan serta mengecas aki Anda supaya tegangan arus aki dapat bekerja secara optimal dan lebih awet.

Efisiensi Pengguna Elektronik

Faktor selanjutnya adalah perhatikan penggunaan aki pada kendaraan Anda. Apabila Anda menggunakan aksesories yang memakai daya arus listrik cukup besar maka Anda bisa menguranginya.

Hal ini dikernakan bahwa pemakaian aksesories terlalu banyak dan memakan daya terkadang menjadi menyebabkan aki tidak awet dan cepat soak. Jadi gunakan sesuai spesifikasi standar pabrik.

Rajin Panaskan Mesin

memanaskan mesin kendaran sering kali dilupakan oleh banyak orang, ketika kendaraan tidak digunakan, padahal jarang memanaskan kendaraan dapat berpotensi aki menjadi menurun kualitasnya.

Baca juga: Arti Deposito Serta Jenis Kelebihannya

Hal ini disebabkan karena daya arus yang tidak seimbang dan lambat laun maka akan menjadi lemah sehingga aki menjadi rusak.

Setidanya rutin memanaskan mesin kendaraan selama 5-10 menit. Maka arus listrik menjadi stabil dan secara tidak langsung arus aki mengisi ulang daya aki agar lebih maksimal.

Rajin Memeriksa Air Pada Aki

Cara selanjutnya yaitu rajin memeriksa air pada aki, minimal 3 hari sekali, apabila berkurang segera lakukan pengisian.Sebab jika persediaan air aki berkurang apalagi sampai kosong tidak segera melakukan pengisian ulang akan menyebabkan kerusakan pada aki.

Hati-hati ketika Aki Bocor

Aki pada kendaran seperti pada mobil, kadang mengalami kebocoran, nah jika hal tersebut terjadi, harus segera ditangani dan hal pertama yang harus dilakukan adalah membersihkannya.

Dengan menggunakan alat khusis untuk membersihkannya juga terus keringkan aki tersebut. Dan jika bocornya sudah parah tidak bisa diperbaiki Anda harus menggantinya dengan yang baru.

Penutup

Itulah Hal Yang harus dilakukan agar aki Kendaraan awet, semoga menambah wawasan dan bermanfaat. Terimakasih kepada sobat seo yang selalu setia berkunjung, dan admin tunggu sobat berkunjung lagi.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published.