Hal Apa Saja Yang Dapat Membatalkan Puasa? Ini Penjelasannya

Hal Apa Saja Yang Dapat Membatalkan Puasa? Ini Penjelasannya

Seobaru.comHal Apa Saja Yang Dapat Membatalkan Puasa? Ini Penjelasannya. Ketika memasuki bulan Ramadhan di setiap tahunnya pastinya kalian sering lupa kan hal apa saja sih yang dapat membatalkan puasa? maka dengan begitu kali ini kami akan memberikan informasinya untuk kalian semua.

Kami yakin pastinya buat orang seperti kita ini sering lupa kan akan hal hal apa saja yang tidak boleh di lakukan ketika berpuasa, walaupun pastinya kita tau tapi mungkin ragu dan mencari tahu lagi akan hal terebut.

Di kesempatan kali ini kami sudah merangkum beberapa hal yang dapat membatalkan puasa, beserta penjelasan yang akan membantu kalian. Berikut penjelasannya.

Selama ini, pastinya kalian sudah taukan jika hal-hal yang membatalkan puasa secara umum diartikan dengan makan dan minum. Namun sebenarnya ada faktor lain yang harus diperhatikan ketika berpuasa loh.

Salah satu yang jadi sorotan atau mungkin yang belum kalian ketahui adalah Muntah atau mengeluarkan makanan lewat mulut. Ya, muntah adalah salah satu hal yang dapat membatalkan puasa jika dilakukan secara sengaja. Sebaliknya, puasa tetap dianggap sah jika itu terjadi secara alami.

Rasulullah SAW bersabda: “Barang siapa yang terpaksa muntah, maka tidak wajib baginya mengqadha puasa. Dan barang siapa muntah dengan sengaja, maka wajib baginya mengqadha puasa,” (HR Abu Daud, At-Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Ahmad).

Selain itu, hal apa saja yang membatalkan puasa? Yuk kita simak rangkumannya di bawah ini menurut beberapa sumber yang telah kami rangkum.

1. Murtad

Keluar dari agama Islam alias murtad dapat membatalkan puasa. Murtad di sini juga bisa berarti orang yang mengingkari kuasa Allah secara tiba-tiba. Jika itu terjadi, sebaiknya segera ucapkan kalimat syahadat dan mengqadha puasa.

2. Alkohol

Minum alkohol dilarang oleh agama. Selain membuat mabuk dan batal puasa, minuman beralkohol juga memberi dampak buruk bagi kesehatan seperti mengganggu sistem pencernaan, tidak fokus dan hilang kesadaran.

3. Memasukkan Benda ke Dubur

Dalam dunia medis, ada beberapa tindakan yang dilakukan dengan memasukkan benda ke dalam dubur atau saluran kemih, seperti obat pereda nyeri atau memasang kateter. Rupanya, hal ini juga membatalkan puasa, lho. 

4. Memasukkan Benda ke Lubang Telinga, Mulut dan Hidung

Menyadur NU Online, dalam kitab Fath al-Qarib dijelaskan bahwa memasukkan benda ke lubang telinga, mulut dan hidung juga bisa membatalkan puasa.

Semua lubang ini adalah pangkal organ dalam tubuh, yang dalam istilah fiqih disebut sebagai jauf. Jauf adalah lubang mulut, telinga, dan hidung. Ini adalah batas awal yang ketika benda melewati batas tersebut maka puasa menjadi batal.

Untuk hidung, batas awalnya adalah bagian yang disebut dengan muntaha khaysum (pangkal insang). Ini letaknya sejajar dengan mata.

Untuk mulut, batasnya adalah tenggorokan yang disebut hulqum. Sedangkan untuk telinga batasnya adalah area yang kira-kira tak terlihat oleh mata. Semua pengertian tentang batasan itu diambil dari Syekh Zainuddin al-Maliabari, Fath al-Mu’in, juz 1, hal. 259, 

5. Merokok

Kandungn partikel dalam rokok dapat mencapai perut ketika dihisap, jadi merokok juga termasuk dalam hal-hal apa saja yang membatalkan puasa. Menghisap rokok juga kerap dikaitkan dengan kontrol hawa nafsu, sehingga berkaitan erat keimanan sat beribadah

6. Melakukan Hubungan Seksual

Orang yang berpuasa dan melakukan hubungan seksual maka puasanya dihukumi batal. Bahkan, dalam konteks demikian terdapat ketentuan khusus yang mengatakan bahwa puasa seseorang tidak hanya batal namun akan dikenai denda (kafarat) atas perbuatannya tersebut.

Kafarat bisa dibayarkan dengan melaksanakan puasa selama dua bulan berturut-turut diluar bulan Ramadhan. Jika tidak mampu untuk berpuasa, wajib hukumnya untuk memberi makanan pokok senilai satu mus (0,6 kilogram atau setara ¾ liter beras).

7. Keluarnya Air Mani (sperma)

Air mani yang keluar dari hasil sentuhan kulit seperti onani atau bersentuhan dengan lawan jenis tanpa adanya hubungan seksual akan membatalkan puasa. Berbeda halnya apabila air mani keluar karena mimpi basah, maka dalam keadaan demikian pun puasanya akan tetap dihukumi sah.

Penutup

Demikianlan sedikit penjelasan dari kami semoga pembahasan kali ini dapat membantu kalian mengetahui Hal Apa Saja Yang Dapat Membatalkan Puasa? Ini Penjelasannya, terimakasih sudah berkunjung dan sampai jumpa di pembahasan berikutnya.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published.