Detik-Detik Gunung Semeru Lumajang Meletus

Detik-Detik Gunung Semeru Lumajang Meletus

Seobaru.com– Hallo semua sahabat seo, semoga semuanya selalu diberi kesehatan dan keselamatan, pada kesempatan kali ini Admin akan memberikan sobat informasi mengenai Detik-detik Gunung Semeru lumajang meletus.

Pada hari ini sabtu (4-12-2021), terjadi bencana yaitu meletusnya gunung semeru, yang berada di dusun kampung renteng, desa oro-oro ombo, kecamatan ptonojiwo lumajang, jawa timur.

Pada Sabtu sore, Semeru menunjukan aktivitas vulkanik dengan mengeluarkan awan panas guguran.

Beberapa kali lava turun mengarah ke jalur lahar, di desa curah kobokan pronojiwo, penuh dengan asap tebal sehingga menyebabkan kegelapan.

Detik-Detik Gunung Semeru Lumajang Meletus

Detik-Detik Gunung Semeru Lumajang Meletus

Mengutip laporan dari laman resmi PVMBG https://magma. esdm.go.id memang dalam waktu 24 jam terakhir Gunung Semeru mengalami 54 kali letusan atau erupsi dengan amplitudo 11-12 mm dengan durasi 85-130 detik.

dalam waktu yang hampir bersamaan terpantau 2 kali guguran lava pijar dengan jarak luncur 500-800 meter yang berada di bawah kawah kurang lebih 500 meter.

Gunung Semeru saat ini mengeluarkan kepulan asap tebal dari puncak Jonggring Saloko. Akibat dari asap tersebut membuat beberapa kawasan lereng gunung seperti di kecamatan Pronojiwo, dan candipuro yang terkena asap tersebut tertutup awan.

Baca juga : 4 Usaha Jangka Pendek Yang Menguntungkan

Banyak warga yang berada di kecamatan tersebut mengungsi dan yang terjebak di dalam rumah di evakuasi oleh tim penyelamat.

Sebagai tindakan preventif warga yang tinggal dekat sungai jalur lahar di himbau untuk di ungsikan dulu,’ kata kepala Desa Sumbermujur Syafii.

Ada tiga dusun di Pronojiwo dan candipuro yang masih di guyur hujan abu vulkanik yang cukup tebal, diantaranya dusun kajar kuning, dan curah kobokan terutama warga desa sapiturang.Desa tersebut mengalami hujan abu vulkanik yang panas.

Sehingga Pemkab lumajang akan membuka posko untuk pengungsi warga yang terjebak akan segera di evakuasi pula ke tempat yang lebih aman.

Banyak warga berlarian keluar rumah untuk mengungsi, laporan visual dari beberapa lokasi mengalami kegelapan.

Kronologi Kejadian Serta Korban Gunung Semeru

Detik-Detik Gunung Semeru Lumajang Meletus

Desa Curah kobokan hampir seluruhnya tertutup abu vulkanik, terdapat puluhan warga dan satu orang korban jiwa yang terkena semburan abu panas tersebut. Yaitu berita hari ini satu orang meninggal dunia, (Semoga ada dalam Rahmat yang maha kuasa).

Dan 41 orang mengalami luka-luka bakar. Yang luka ringan di rujuk ke puskesmas terdekat yaitu candipuro. Dan yang luka berat di rujuk ke rumah sakit dokter Haryoto.

Berita tersebut di sampaikan oleh wakil bupati lumajang yaitu Ibu Indah Amperawati pada breaking news,” ada satu orang meninggal dari curahkobokan dan sudah dievakuasi , kemudian ada sekitar 41 orang yang luka-luka akibat luka bakar yang di evakuasi ke pukesmas candipuro, sedangkan yang luka berat di rujuk ke rumah sakit dokter haryoto. Ucap beliau.

Semoga semua korban luka di beri keselamatan dan kesembuhan dengan cepat. Dan Musibah ini cepat berakhir, Gunung semeru kembali normal.

Penutup

Itulah informasi yang dapat diberikan tentang Detik-detik Gunung Semeru lumajang meletus. Semoga informasi ini bermanfaat khususnya kita bisa mendoakan agar semua orang yang terkena musibah mendapat pertolongan dan keselamatan. Terimakasih untuk kembali berkunjung ke seobatru.com.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published.