Cara Mudah Merawat Oli Mesin Mobil

Cara Mudah Merawat Oli Mesin Mobil

Seobaru.com– Hai sobat seo, kembali lagi dengan Admin yang selalu membagikan sobat informasi terkini yaitu kali ini tentang Cara mudah merawat Oli mesin mobil.

Untuk Anda pemilik kendaraan terutama roda empat, agar mobil tetap prima sangat penting mengetahui cara merawat mobil salah satunya tentang oli atau pelumas.

Pelumas atau oli mesin menjadi salah satu komponen penting untuk menunjang kendaraan agar dapat bekerja secara optimal, karena tugas utamanya adalah melumasi serta mengurangi gesekan pada komponen dalam mesin.

Oli sendiri terbagi menjadi dua tipe berdasarkan kandungan yang ada di dalamnya yaitu oli mineral atau sintetis. Biasanya produsen oli akan mencantumkan kandungan yang ada di dalam kemasan. Beberapa tipe yang umum ditemui adalah tipe full sintetis, semi sintetis dan juga oli mineral, secara kualitas oli mineral masih dibawah oli sintetis.

Ada banyak pelumas pada mobil, seperti pelumas mesin, pelumas rem, pelumas transmisi, pelumas gardan dan pelumas powe steering.Agar semua komponen yang ada pada mobil optimal semuanya harus terpantau.

Cara Mudah Merawat Oli Mesin Mobil

hal yang paling mudah ialah memantau oli pada mobil Mitsubishi Xpander, caranya dengan melihat layar Multi Information Display (MID).

Layar ini bisa kamu manfaatkan untuk selalu jadi pengingat dalam merawat oli mesin mobil. Caranya dengan melihat jarak tempuh mobil dari ganti oli sebelumnya hingga sekarang. Kalau sudah 10 ribu Km, berarti waktunya mengganti oli lama dengan yang baru.

Selain MID, bisa juga menggunakan buku manual sebagai panduan dalam mengganti oli, namun harus mengkondisikan pula pada jarak yang di tempuh kendaraan ketika menggantinya.

Juga harus memperhatikan spesifikasi oli kendaraan yang cocok, walaupun saat ini banyak sekali yang menawarkan pelumas bagi mobil dengan berbagai tawaran yang menarik, jangan sampai salah berbeda dengan spesifikasi yang dibutuhkan mobil.

Cara mudah lainnya ialah selalu mengecek sendiri oli mobil anda di rumah secara langsung, seperti mengecek keadaan oli, dan untuk caranya bisa melihat buku panduan.

Karena dengan membaca buku panduan bisa memudahkan Anda dalam mengecek kendaraaan dengan aman dan mudah juga menambah pengetahuan.

Seperti saat mengecek oli, mesin mobil harus dalam keadaan dingn, juga mengambil dipstick, dan sediakan kapas dan tisue untuk mengelap dipstick oli.

Jika terlihat ada oli yang menetes dikolong mobil, sebaiknya jangan menambahkan oli, sebab besar kemungkinan ada kebocoran, dan jika itu terjadi harus segera menghubungi bengkel terpercaya.

Penutup

Itulah yang dapat disampaikan pada pembahasan kali ini tentang Cara mudah merawat Oli mesin mobil. semoga menambah wawasan dan bermanfaat, sekian dan terimakasih untuk kembali menginjungi seobbaru.com

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published.