Cara Mengubah TV Biasa Menjadi TV Digital

Cara Mengubah TV Biasa Menjadi TV Digital

Seobaru.com– Hai sobat seo dimanapun berada, tentunya sobat sudah pada tau tentang TV digital, berikut kali ini akan admin bagikan informasi mengenai Cara mengubah TV biasa menjadi TV digital.

Kementerian komunikasi dan informatika ( Kominfo) akan menghentikan siaran TV analog secara bertahap yang rencananya harus tuntas pada bulan Agustus mendatang dan dilakukan secara bertahap.

Kominfo Pada tahap pertama akan mematikan siaran televisi di sejumlah daerah seperti Aceh, Riau, Kalimantan timur, Banten secara bertahap.Sebab pelaksanaan Analog Swits Off dilakukan dalam 5 tahapan yang harus selesai paling lambat 2 Nopember 2022 yang akan datang.

Agar Anda bisa menikmati siaran televisi,harus memindahkan TV biasa atau beralih menggunakan TV digital.

Untuk sobat yang penasaran, berikut beberapa langkah yang bisa di coba cara merubah TV biasa menjadi TV Digital:

Cara yang pertama untuk bisa beralih menggunakan TV digital yaitu dengan menggunakan set top Box (STB)DVBT2. STB adalah alat untuk menginversi sinyal digital suara dan gambar TV digital yang bisa disaksikan di TV analog.

Untuk memasang perangkat STB sangat mudah. Pengguna cukup memasukan kabel konektor untuk audio dan video (AV) ike port yang tersedia di pesawat televisi. Jika sudah menggunakan TV model LED atau LCD, cukup masukan, kabel audio (AV) di port yang berada di samping atau belakang televisi.

Untuk mulai menyaksikan siaran digital, nyalakan televisi seperti biasa dan masukan ke menu AV. Sama seperti siaran biasa, pengguna juga harus mencari siaran melalui STB.

Jadi jika kalian ingin beralih ke TV digital tak usah mengganti TV namun bisa menggunakan STB, namun harus tetap memakai antenesebab STB hanya berfungsi sebagai mengalihkan dari tv analog menjadi digital.

Dan untuk menikmati setiap acara TV digital, Kalian juga bisa menggunakan cara dibawah ini, berikut mari sama-sama simak selengkapnya:

Cara Mengubah TV Biasa Menjadi TV Digital
  • Pertama pastikan perangkat TV anda dan set top Box (STB)DVBT2, sudah terhubung
  • Kemudian nyalakan Televisi dan masuk ke mode AV
  • Lalu jika muncul beberapa mode AV, seperti AV1,AV2 dan lainnya, bisa sesuaikan dengan STB Anda
  • Setelah menyesuaikan mode AV, Anda bisa langsung menghubungkan dengan perangkat STB
  • Selanjutnya tekan tombol ” Menu” pada remot STB dan cari opsi pencarian saluran dan klik ” pencarian otomatis”
  • Setelah itu tinggal menunggu sampai semua siaran tersedia, setelah selesai Anda tinggal menyimpannya.
  • Setelah semua langkah diatas dijalankan, Anda bisa menikmati siaran TV digital, namun untuk menikmati siaran digital ini TV analog Kalian harus selalu dalam mode AV.
  • Itulah beberapa langkah nya, selamat mencoba.

Saat proses ASO selesai, tidak akan ada siaran TV analog sehingga jika Kalian ingin menikmati siaran TV harus beralih ke TV digital.

Adapun bagi para pengguna yang sudah menggunakan TV digital bisa langsung menikmati siaran digital tanpa menggunakan STB. Hanya perlu membeli antena digital di toko elektronik atau merket online.

Penutup

Demikian yang dapat disampaikan peda pembahasan kal.i ini tentang Cara mengubah TV biasa menjadi TV digital, semoga bermanfaat, sekian dan terimakasih untuk kembali mengunjungi seobaru.com

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published.