sumber gambar dari qoala App

Cara Memperkuat Sistem Imun Tubuh Di Tengah Pandemi

Posted on

Seobaru.com – Seperti yang kita ketahui virus corona-19 kini semakin meningkat hingga Virus corona telah menginfeksi ratusan ribu orang di seluruh dunia. Bahkan di Indonesia sendiri, sudah lebih dari 1.000 orang yang positif terkena covid-19.

Oleh karena, itu memperkuat sistem imun tubuh merupakan salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk menangkal penularan virus covid-19 ini.

Sebab, jatuh sakit dimasa pandemi seperti sekarang ini sangat bisa berisiko tertular virus corona lantaran banyaknya orang yang terpapar virus ini. Untuk itu, menjaga dan memperkuat imun tubuh sangat penting untuk dilakukan.

Anda perlu melakukan berbagai upaya agar dapat selalu memperkuat sistem imun tubuh di tengah pandemi seperti ini. Berikut ini adalah cara untuk memperkuat dan meningkatkan imun tubuh agar bisa sehat selama masa pandemi covid-19.

1. Rutin Berolahraga

Kegiatan berolahrga ini sangat cocok jika dilakukan pada masa pandemi guna untuk meningkatkan sistem imun didalam tubuh kita. Dengan berolahrgaa seseorang juga bisa mengeluarkan bakteri melalui saluran pernapasan, hal ini dapat menjadikan mengurangi resiko dari terjangkit berbagai penyakit.

2. Istirahat yang Cukup

Selain dengan rutin berolahraga Anda juga harus beristirahat dengan cukup sehingga mampu menjaga serta meningkatkan imun agar tidak mudah terinfeksi virus covid-19.

Menurut National Sleep Foundation, seorang manusi dewasa setidaknya membutuhkan waktu untuk tidur selama kurang lebih 7-9 jam dalam sehari. Oleh karena itu, istirahat yang cukup merupakan cara yang mudah saat proses meningkatkan imun dalam tubuh.

Perlu untuk di ingat, bahwa tanpa tidur yang cukup alam sehari, tubuh tidak akan bisa memperoduksi sitokin dalam jumlah banyak. Sitokin sendiri yaitu sejenis protein yang digunakan untuk melawan infeksi secara efektif akan menciptakan respon imun tubuh.

3. Mengelola Stres dengan Baik

Cara meningkatkan imun tubuh yang paling penting untuk dilakukan yaitu mengelola stres dengan baik. Karena, jika tidak maka dapat memicu adanya produksi hormon kortison dalam jumlah yang besar.

Dalam mengelola stres Anda bisa melakukan kegiatan berbagai hal, misalnya seperti berolahraga ringan, beraktivitas dengan hobi, dan lain sebagainya.

4. Banyak Konsumsi Air Putih

Di tengah pandemi seperti saat ini, sangat penting untuk kita tetap menjaga dan meningkatkan imun tubuh agar tidak mudah terinveksi virus. Oleh karena itu, Anda sangat perlu untuk memenuhi kebutuhan air sehingga tidak akan mengalami dehidrasi.

Dalam sehari, setidaknya Anda harus mengkonsumsi air sebanyak dua literataupun lebih. Hal ini dapat membantu menjaga dan meningkatkan imun tubuh agar tidak mengalami kekurangan cairan dan tidak membuat metabolisme menjad turun.

5. Konsumsi Makanan Bergizi Seimbang

Cara meningkatkan imun yang selanjutnya yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi seimbang. Karena makanan merupakan satu hal yang harus kita perhatikan di tengah masa pandemi covid-19 ini.

Gizi yang seimbang merupakan susunan makanan sehari-hari yang mengandunng zat gizi dengan jumlah beserta jenis tertentu sesuai dengan kebutuhan tubuh. Dengan adanya gizi yang seimbang Anda dapat meningkatkan imun tubuh.

Penutup

Itulah Cara meningkatkan sistem imun tubuh di tengah pandemi seperti ini. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kita semua dan jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan tubuh. Sekian dan Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *