sumber dari forguides.com

Cara Memilih Hp Berkualitas Berdasarkan Spesifikasinya

Posted on

Seobaru.com – Hallo sahabat pecinta teknologi, kali ini Admin akan membahas tentang ” Cara Memilih Hp Berkualitas Berdasarkan Spesifikasinya “.

Dari banyaknya Hp yang beredar saat ini tentunya merupakan kabar yang baik karena Anda dan semua orang bisa memilik banyak pilihan. Akan tetapi, terkadang dengan terlalu banyak pilihan bisa membuat Anda atau calon konsumen lainnya kebingungan dalam memilih Hp.

Apalagi saat ini Hp yang beredar mempunyai spesifikasi yang berbeda-beda. Namun, Anda tidak perlu khawatir ataupun bingung. Karena kali ini admin akan memberikan cara agar Anda bisa memilih Hp yang tepat dan sesuai dengan yang Anda butuhkan. Yuk simak selengkapnya berikut ini.

Memilih HP Berdasarkan Spesifikasi

Cara memilih Hp yang berkualitas pertama adalah dengan cara memilih Hp berdasarkan spesifikasi yang ditawarkan.

1. Sistem Operasi

Hal pertama yang harus Anda perhatikan, Hp zaman sekarang ini hadir dengan dua tipe sistem operasi atau OS populer. Satu adalah OS Android dan satu lagi adalah iOS. Khususnya iOs, perangkat yang mengusung iOS hanya eksklusif milik iPhone.

Sementara untuk OS Andorid umumnya digunakan diberbagai Hp lain, kecuali iPhone. Karena hanya ada dua piihan saja, maka untuk itu sebelum memilih Anda harus mengenali dulu keduanya.

OS Android merupakan sistem operasi yang umumya terintegrasi dengan layanan Google. Hp dengan Os]S Android ini memungkinkan vendor melakukan perubahan tampilan. Oleh karena itu, Hp Android merek A memiliki tampilan yang berbeda dengan Hp Android merek B, meskipun keduanya sama sama mengusung OS Android.

Tidak hanya itu, Hp dengan OS Android hadir dengan berbagai varian harga. Dari harga termurah yang umumnya mengusung OS Android Go sampai dengan yang termahal.

Sedangkan iOS hadir eksklusif di perangkat iPhone. Nah, sistem operasi ini cocok untuk Anda yang butuh dengan Hp penggunaan yang mudah, tampilan bersih dan fitur keamanan yang lebih baik.

2. Chipset Yang Digunakan

Spesifikasi yang penting yang perlu Anda perhatikan ketika membeli Hp adalah melihat chipset yang di gunakan. Yang bakalan membuat bingung adalah ketika Anda memutuskan membeli android. Mengapa begitu ?.

Karena ada banyak Hp yang mengusung chipset berbeda-beda. Ada Hp yang dibekali chipset Snapdragon, Mediatek, Kirin, atau Exynos.

Umumnya, chipset Hp zaman sekarang sudah bagus. Tinggal bagaimana Anda menyesuaikan dengan kebutuhan dan dana. Karena hal ini biasanya chipset yang bagus dan memiliki performa tinggi, tentunya harganya juga sangat mahal.

3. Memori

Memori di Hp juga menjadi faktor yang perlu Anda perhatikan. Faktor memori ini menjadi penting, karena ada banyak Hp yang biasanya punya beberapa varian RAM atau memori internal. Misalnya, Hp merek A mempunya RAM 2 GB dan mempunyai varian RAM 3 GB.

Hp dengan RAM yang lebih tinggi jelas lebih mahal jika dibandingkan dengan tipe Hp yang sama dengan RAM yang lebih kecil. Karena hal itu, sebaikna Anda memilih Hp dengan RAM yang lebih tinggi. Kenapa ? karna RAM adalah memori yang hanya bisa diakses dan tidak bisa ditambah.

Berbeda lagi dengan penyimpanan internal. Penyimpanan internal yang umum hadir mulai dari 16 GB, 32 GB, 64, dan seterusnya. Penyimpanan internal berarti data di dalamnya bisa dipindahkan.

Oleh karena itu, pilihlah hp dengan RAM yang besar karena RAM berpengaruh terhadap kinerja. Untuk pengguna Android sampai dengan beberapa tahun kedepan, minimal Hp yang Anda punya memiliki RAM 4 GB, atau malah senaiknya sudah mengusung RAM 4GB.

Sedangkan untuk penyimpanannya Hp yang mengusung RAM 3 GB biasanya punya penyimpanan 32 GB. Hp yang mengusung RAM 4 GB niasanya punya penyimpanan 64 GB atau 128 GB. Dan ada juga Hp yang mengusung RAM 6 GB dan punya penyimpanan dari 64 GB sampai 256 GB.

4. Tipe Layar

Hp Android zaman sekarang ini umumnya sudah mengusung layar dengan rasio 18:9. Beberapa diantaranya juga masih ada yang rasio 16:9 tetapi jumlahnya tidak banyak. Nah, sebaiknya Anda mulai meninggalkan Hp dengan rasio layar 16:9.

Akan tetapi, memilih layar Hp di Android, bukan hanya soal rasio saja. Tetapi, Anda juga harus mempertimbangkan bagian-bagian layar lain. Sebaiknya, Anda memilih Hp dengan resolusi HD atau Full HD. Dua tipe resolusi ini yang paling banyak ditemukan dipasaran.

Beberapa Hp kelas atas ada yang mengusung resolusi layar Quad HD, yang lebih tinggi dari Full HD. Hanya saja, penggunaan layar Quad HD mempunyai konsekuensi baterai yang boros.

Selain resolusi, panel layar yang di pakai juga perlu anda perhatikan. Panel layar umumnya menggunakan dua tipe, yakni IPS LCD dan OLED.

Panel OLED malah mempunyai banyak varian tergantung vendornya, seperti samsung yang punya panel super AMOLED. Malah, samsung juga mempunyai panel LCD sendiri yakni PLS TFT.

Nah, satu faktor penting lagi dari layar adalah pelindung layar. Ada banyak vendor yang menghadirkan Hp dengan tidak memiliki pelindung layar, akibatnya layar Hp mudah tergores. Namun belakangan, sudah banyak Hp yang harganya terjangkau sekalipun sudah mengusung pelindung layar.

5. Kapasitas Baterai

Baterai juga menjadi faktor yang perlu anda perhatikan ketika ingin membeli sebuah Hp. Mengapa? karena baterai merupakan tenaga yang bisa memberikan kehidupan bagi Hp itu sendiri.

Baterai di Hp sendiri umumnya punya dua maca, tipe Li-Po dan tipe Li-Ion. Tipe bentuk baterai juga ada yang tertanam di Hp atau tidak bisa di lepas. Tetapi ada juga yang bisa dilepas. Umumnya, Hp zaman sekarang sudah mengusung Hp dengan baterai tanam.

Baterai juga ditandai kemampuannya dengan kapasitasberupa satuan mAh. Dipasaran Hp Android umumnya punya baterai dengan kapasitas 3.000 mAh sampai 5.000 mAh.

Kapasitas baterai yang semakin besar, semakin baik, karena biasanya kapasitas yang besar berpengaruh pada daya tahan yang lebih lama.

6. Kamera

Soal kamera di Hp sebenarnya tidak terlalu rumit. Karena perkembangan teknologinya berkembang pesat. Sekarang ini, Hp sudah menawarkan lebih dari satu kamera.

Tidak hanya itu, teknologi pada kamera juga bermacam-macam, seperti tipe lensa yang dipakai, sensor yang digunakan dan lain-lainnya.

7. Jaringan

Ketika Anda memilih Hp, jaringan juga penting untuk diperhatikan. Umumnya di Hp zaman sekarang ini terbagi dua, yaitu dengan menggunakan data seluler dan jaringan yang memakai Wifi.

Untuk jaringan data seluler, Hp yang banyak beredar sekarang umumnya sudah menawarkan jaringan 4G LTE. Mungkin Anda sudah sulit menemukan HP dengan jaringan 3G karena memang sudah ketinggalan.

Untuk jaringan wifi, Hp sekarang sudah mendukung jaringan wifi. Jadi, selain bisa terhubung ke data seluler, Anda juga bisa terhubung ke jaringan wifi internet rumahan.

8. Fitur Tambahan

Faktor lain yang harus Anda perhatikan selanjutnya ketika membeli Hp adalah fitur tambahan yang dimiliki oleh Hp tersebut. misalnya, apakah Hp tersebut punya NFC atau tidak ? dan lain sebagainya.

Faktr-faktor tersebut perlu untuk Anda perhatikan secara mendetail. Terlebih lagi jika Anda butuh Hp dengan fitur yang lebih spesifik, contohnya memiliki keakuratan dalam membaca peta (GPS), sering cek saldo e-toll card(NFC), dan lainnya. Nah, untuk sektor ini Anda perlu melihat spesifikasi Hp yang lebih mendetail.

Penutup

Demikian itulah informasi tentang Cara Memilih Hp Berkualitas Berdasarkan Spesifikasinya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kalian semuanya. Terimakasih telah berkunjung ke Seobaru.com sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya. Sekian dan terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *