Cara Lengkap Menggunakan Twitter Bagi Pemula

Cara Lengkap Menggunakan Twitter Bagi Pemula

Seobaru.comCara Lengkap Menggunakan Twitter Bagi Pemula. Twitter merupakan jejaring media sosial yang berkategori microbloging yang memungkinkan setiap penggunanya untuk dapat berbagi berita atau informasi melalui sebuah pesan singkat yang dibatasi oleh 140 batasan karakter huruf.

Nah kali ini kami akan membahas salah satu Cara Lengkap Menggunakan Twitter Bagi Pemula, maka dari itu simak terus penjelasan kami di bawah ini.

Saat ditanya oleh salah seorang teman, bagaimana cara bermain twitter, bagaimana cara menggunakan twitter ? mungkin anda akan sedikit kebingungan jika memang anda bukan ahli dalam memainkan aplikasi tersebut. Jika memang itu kendala anda maka anda tak perlu khawatir karena kami disini akan membahas lebih mendalam.

  • Tweet : Sebutan untuk setiap posting/status dalam Twitter. Isi tweet  terbatas hingga 140 karakter saja.
  • Follow : Akun Twitter yang Anda ikuti update tweet-nya. Untuk mengikuti tweet akun Twitter tertentu cukup klik tombol Follow pada saat Anda membuka halaman akun Twitternya.
  • Follower : Akun Twitter yang mengikuti update tweet Anda. Untuk mengetahui siapa-siapa saja yang mengikuti tweet Anda, klik menu Followers yang ada di sebelah kanan atas halaman Twitter Anda.
  • Mention (@): Menyebut id twitter seseorang dalam isi tweet, sering digunakan untuk me-reply. Untuk mengetahui siapa saja yang telah menyebut id twitter Anda, klik tulisan @connect yang ada menu twitter.
  • Retweet (RT) : Mengulang isi tweet orang lain. Fungsi ini sangat berguna untuk menyebarkan isi tweet orang lain yang menurut Anda menarik dan penting tanpa menghilangkan identitas si pemilik tweet.
  • Hashtag (#) : Hashtag berfungsi untuk memberi tanda pada topik tertentu agar orang lain dapat dengan mudah mencari topik tersebut.
  • Livetweet : Rangkaian tweet yang dibuat secara langsung dalam sebuah acara, event, keadaan atau  tempat kejadian perkara.
  • Tweeps : Sebutan untuk pengguna Twitter. Banyak sekali sebutan untuk para pengguna twitter tergantung masing-masing user bisa Tuips, Tweman, dll.
  • TTWW : Topik yang paling banyak di perbincangkan di dunia atau Wolrd Wide pada satu waktu tertentu.

Beberapa istilah penting tersebut diatas merupakan beberapa istilah yang diambil dan dipahami dari beberapa sumber terkait. Untuk lebih jelas silahkan anda langsung take action dengan menuliskan tweet pertama anda.

Berikut ini kami bisikan langkah-langkah sederhananya. 

1. Buat Akun Twitter Terlebih Dahulu 

Untuk dapat menggunakan dan menjalankan twitter, tentunya terlebih dahulu anda harus memiliki akun twitter melalui email anda di http://twitter.com. Namun, jika anda belum terlalu paham bagaiamana cara membuat akun twitter, silahkan baca artikel kami sebelumnya di Cara Membuat / Mendaftar ke Akun Twitter. 

2. Mengelola Profil di Twitter

Langkah untuk mengelola twitter ini sebenarnya tidak terlalu menjadi prioritas dan bisa anda lewati, namun akan lebih baik, jika isikan terlebih dahulu beberapa data yang tersedia seperti biodata beserta foto profil di twitter. Hal ini dimaksudkan agar nantinya anda memiliki identitasyang menjadi ciri khas yang nantinya diharapkan orang lain bisa tertarik dan dapat mengikuti akun twitter anda. 

3. Memposting Tweet

Memposting tweet sama halnya dengan mengupdate status di facebook, disini anda bisa menuliskan hal apa saja baik berita, informasi, kegiatan sehari-hari maupun ungkapan hati anda. Hanya saja istilahlah yang membedakannya. Posting tweet ini nantinya dapat anda bagikan dan memungkinkan orang yang mengikuti anda untuk dapat membaca posting tersebut. Hanya saja bedanya, posting ini dibatasi oleh jumlah karakter huruf yakni hanya 140 karakter. Tips: jadi saat membuat isi tweet sebaiknya usahakan buatlah isi yang jelas dan singkat. 

4. Berdiskusi Membahas  Sebuah Topik Tertentu 

Ketika anda ingin membahas sebuah topik yang juga dibahas oleh pengguna lain, maka anda bisa memanfaatkan hastag yang disimbolkan dengan simbol (#) pagar. Misalkan ketika anda ingin membahas tentang drama korea “#DramaKorea tadi malam dramatis sekali…” Dengan demikian tweet yang anda buat juga akan dapat dilihat oleh pengguna twitter lain yang memnbahas topik yang sama dengan tweet yang anda posting. 

Agar pemahaman anda bisa lebih luas, berikut ini pahami beberapa istilah yang ada di Twitter: 

• @ 

Istilah ini disebut juga dengan mention,  tanda ini berfungsi untuk memberikan pesan atau seruan yang ditujukan pada pengguna tertentu dengan status yakni adalah follower anda. Misalkan, “@NamaAkun Ditunggu kehadirannya di kantor jam dua siang, harap jangan terlambat!” itu artinya pesan tersebut ditujakan pada pengguna dengan ID NamaAkun. 

• #

Istilah ini disebut pula dengan hastag, yang mana fungsinya telah kita bahas diatas tadi. 

• Followers 

Istilah follower dalam bahasa Indonesia berarti pengikut atau teman di twitter yang mengikuti anda di twitter, yang mana mereka akan menjadi pengikut pada setiap kegiatan dari update tulisan yang kita posting ke twitter. 

Following

Dalam bahasa Indonesia, istilah following artinya mengikuti. Dan pada akun twitter istilah ini berarti yakni orang yang anda ikuti akun twitternya. Yang mana apabila anda mem-follownya maka anda akan mendapat update dari merkea. 

• Reply 

Reply yakni istilah yang digunakan saat anda ingin membalas atau merespon sebuah tweet yang dibagikan oleh orang lain. Jika anda ingin me-reply, maka klik menu Reply yang terdapat dibagian bawah update tweet orang tersebut. 

• Retweet

Istilah Retweet seperti halnya bahasa asalnya yakni “Re” yang berarti mengulang. Istilah ini biasanya banyak disingkat RT. RT sendiri dimaksudkan untuk menjadikan tweet orang lain agar menjadi tweet kita. Biasanya orang melakukan retweet pada tweet yang dianggap penting, bermanfaat, atau setuju dengan isi dari tweet tersebut, yang mana nantinya tweet ini bisa dibagikan pada folowers anda. 

• Direct Message

Direct Message atau sering pula disebut DM adalah sebuh fitur yang berfungsi untuk mengirim sebuah pesan pribadi melaui inbox yang dikirim pada pengguna twitter lain. Fitur DM ini pada dasarnya bersifat pribadi. Jadi saat and ingin mengirim sebuah pesan penting/pribadi tidak ada salahnya, gunakan fitur ini. 

• Favorites 

Istilah favorites sendiri mungkin masih terbilang baru hadir pada fitur di twitter, yang mana fitur ini berfungsi untk menyimpan pesan atau tweet yang sewaktu-waktu bisa anda buka saat anda membutuhkannya. 

• Connect

Istilah ini berfungsi untuk mengetahui semua  kegiatan  yang terjadi di twitter, mulai dari pemberitahuan mention, orang yang me-retweet tweet anda hingga orang yang mengikuti anda. 

• Discover 

Discover adalah salah satu fitur twitter yang bisa digunakan untuk mengikuti perkembangan yang saat ini sedang terjadi dan menjadi topic hangat atau trending topic, denagn demikian anda selalu bisa mengetahui topic apa yang tengah menjadi buah bibir di twitter. 

• Embed Tweet on Your Websites: 

Fitur yang satu ini dapat sangat bermanfaat untuk anda yang juga aktif di dunia blogging. Fitur ini memungkinkan anda untuk dapat mengunggah foto atau video yang berasal dari twitter ke website atau blog anda dengan menggunakan script dari twitter. 

Akhir Kata

Bagaimana mudah bukan? semoga dengan adanya penjelasan kali ini anda bisa langsung bermain media sosial twitter ini.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *