Beberapa Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Saat Musim Hujan

Beberapa Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Saat Musim Hujan

Seobaru.com-Pada musim hujan cuaca jadi tak menentu, butuh peningkatan daya tahan tubuh. Beberapa tips menjaga kesehatan tubuh saat musim hujan, inilah yang akan dibahas admin pada kesempatan kali ini.

Musim hujan memiliki suasana yang berbeda, mulai dari aroma yang khas, udara yang sejuk bahkan cendrung dingin, sehingga menikmati secangkir teh hangat akan sangat ni’mat.

Namun diantara keni”matan saat musim hujan, adapula yang membuat risih, seperti banyaknya genangan air, bahkan terjadi banjir di beberapa kota, atau banyak ancaman kuman yang menyebar bahkan cepat berkembang biak karena tempat yang lembab.

Dengan adanya kuman mudah tersebar membuat daya tahan tubuh menurun dan rentan terkena penyakit. Agar tubuh dapat menghindari penyakit, berikut Beberapa tips menjaga kesehatan tubuh saat musim hujan yaitu:

Beberapa Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Saat Musim Hujan

Konsumsi Suplemen Vitamin C

Vitamin C baik dari sumber alami atau suplemen bisa menangkal virus dan penyakit.Selain itu, vitamin C juga dapat mempercepat pemulihan dari serangan virus yang menyebabkan flu.

Dengan terus mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung vitamin C, dapat memperkuat daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit, seperti flu.

Buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C seperti paprika merah dan hijau, pepaya dan nanas. Buah-buahan ini dapat dipercaya dapat meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Menjaga Tubuh Tetap Hangat

Seseorang akan sangat rentan terkena flu disaat basah atau musim hujan, dibandingkan dengan yang tubuhnya terus hangat, bisa dengan menggunakan pakaian hangat.

Beberapa penelitian membuktikan bahwa tubuh yang basah terutama dibagian kaki menurut banyak peneliti, akan mudah terpapar flu.

Lakukan Olahraga

Hampir semua orang memang jadi mager alias malas berangkat saat hujan. Apalagi kalau cuaca betul-betul sedang tak mendukung.

Namun, melakukan olah raga pada saat musim hujan datang justru akan membuat suasana hati lebih baik Beraktifitas pisik akan memberikan vitalitas dan meningkatkan andorfin sehingga mood menjadi lebih positif.

Jika Anda sedang malas ke gym, yoga di rumah juga bisa dilakukan selama anda melakukan aktivitas fisik atau bergerak.

Tidur yang Cukup

Tips sehat saat musim hujan lainnya adalah tidur. Tidur merupakan salah satu solusi praktis (meski sementara) untuk berbagai masalah hidup. Tak terkecuali untuk persoalan hujan yang mengacukan jadwal kegiatan Anda. Daripada mengeluh di media sosial, lebih baik istirahat yang cukup.

Tidur juga bermanfaat untuk memulihkan seluruh sistem anggota tubuh setelah bekerja keras seharian. Hal ini tentunya penting agar tubuh Anda kebal terhadap virus maupun bakteri.

Rajin Mencuci Tangan

Saat musim hujan bakteri dan virus akan sangat tak terkendali bisa saja menempel pada berbagai tempat, cara terbaik untuk melindungi diri dari serangan virus ialah menjaga kebersihan.

Menjaga kebersihan yang biasa dilakukan ialah selalu mencuci tangan di air yang mengalir dengan menggunakan sabun atau anti septik lainnya yang dapat membunuh kuman.

lakukan kegiatan mencuci tangan sebelum makan, atau sebelum menyiapkan akanan, setelah dari toilet dan setelah memegang benda-benda yang dipakai bersama.

Terapkan Kegiatan 4M plus

Pada musim hujan terdapat beberapa genangan air juga sampah yang menumpuk akibat terbawa arus, semua itu dapat menyebabakan sarang nyamuk penyebab demam berdarah. Untuk itu terapkan kegiatan 4M plus yaitu:

  • menguras dan menutup rapat tempat penampungan air
  • mengubur barabg bekas
  • memantau wadah air yang dapat menjadi sarang nyamuk
  • menghindari gigitan nyamuk, seperti memakai obat anti nyamuk, memelihara pemakan jentik, menaburkan bubuk larvasida pada tempat penampungan air.

Tidak Jajan Atau Memakan Makanan Sembarangan

cuaca yang dingin akibat hujan membuat perut cepat lapar, karena lebih praktis sering membeli jajanan di pinggir jalan yang belum tentu jelas kehigienisannya. Nah prilaku tersebut sebaiknya di hindari pada cuaca seperti ini.

Selalu Membuat Pikiran Nyaman

Pekerjaan yang kadang terganggu karena cuaca buruk sering membuat pikiran tak nyaman atau stres, ketika stres tubuh akan mengeluarkan hormon kontrisol, sehingga daya tahan tubuh akan menurun dan rentan terkena penyakit.

Oleh karena itu jauhi stres, rileksasikan tubuh agar jiwa tenang selalu berdikir mengingat tuhan yang maha kuasa dan tetap beribadah serta berdoa agar senantiasa di beri kesehatan.

Penutup

Itulah Beberapa tips menjaga kesehatan tubuh saat musim hujan, semoga bermanfaat dan kita semua terutama sahabat setia pembaca seo, selalu diberi kesehatan. Terimakasih sudah berkunjung ke seobaru.com

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published.