Arti Keutamaan Bulan Rajab Dan Amalannya

Arti Keutamaan Bulan Rajab Dan Amalannya

Seobaru.comArti keutamaan bulan rajab dan amalannya, hai sobat seo dimanapun berada, jumpa lagi dengan Admin disini yang selalu membagikan informasi khususnya pada kali ini tentang bulan Rojab.

Tanggal 1 Rojab pada tahun 2022 ini bertepatan dengan hari kamis tanggal 3 februari 2022, yang mana sangat dinantikan oleh segenap kaum muslimin Muslimat.

Yang mana salah satu diantara bulan yang dimuliakan dan pada bulan yang dilipat gandakan semua amalan ganjarannya dari Allah SWT adalah bulan rajab.

Dimana Allah Taala akan mencurahkan rahmat atau kasih sayangnya kepada semua makhluknya yang selalu beribadah melaksanakan kebaikan serta selalu memohon ampun kepadanya.

Arti Keutamaan Bulan Rajab Dan Amalannya

Rojab merupakan asal kata dari Tarjib yang artinya terhormat, sehingga banyak yang mengartikan sebagai salah satu bulan penuh kemuliaan dan rohmat dari allah SWT.

Rojab artinya huruf RO, pada awal kata rojab adalah Rohmatun, yakni Allah Subhanahu wataala akan selalu memberikan kasih sayang kepada seluruh umatnya yang selalu beribadah dan memohon ampunan kepadanya.

Rojab juga disebut sebagai salah satu sungai disurga, yang airnya lebih manis juga lebih putih daripada susu, juga madu. Hal itu sesuai dengan sabda Nabi Muhammad Sallahu alaihi wasalam yang artinya:

“Pada malam Isro”Mi”roj pada malam isro miraj saya melihat sebuah sungai yang airnya lebih manis daripada madu, lebih sejuk dari air batu, dan lebih harum dari minyak wangi.”

” Lalu saya bertanya kepada Jibril, wahai jibril untuk siapakah sungai ini? Jibril menjawab,” Ya, Muhammad sungai ini untuk orang yang membaca solawat kepadamu di bulan rojab.

Arti Keutamaan Bulan Rajab Dan Amalannya

Pada bulan Rojab ini terdapat pula keistimewaan atau keutamaannya diantaranya ialah:

Bulan Yang Istimewa (Bulan Harom)

Bulan rajab termasuk salah satu bulan yang istimewa karena di sebut juga bulan haram, sebagaimana Ulama terdahulu yaitu Al Qodhi Abu Ya”la menerangkan bahwa” Bulan Rajab dinamakan bulan haram karena di bulan itu terdapat keistimewaan dan di haramkan berbagai pembunuhan” orang jahiliahpun meyakini di bulan itu dilarang melakukan hal terlarang mulainya bulan tersebut.

Arti dari bulan haram disini yaitu haram untuk saling menyakiti dan saling menumpahkan darah kecuali jika dari pihak musuh yang pertama kali melakukannya maka kita boleh membalasnya untuk membela diri.

selain itu pula di bulan ini harus bersih dari perbuatan dosa karena dosa itu lebih besar azabnya dari pada bulan lainnya kecuali bulan ramadhan.

Rajab adalah bulan yang dekat dengan bulan Ramadhan.

Bulan Rajab dan bulan Ramadhan hanya terpisah oleh satu bulan yaitu bulan sya’ban, dan dari sejak bulan rajab para ulama sudah mempersiapkan untuk menyambut bulan Ramadhan.

Kita dianjurkan intuk selalu beribadah dan berdoa dan diantaranya sebuah do’a “Allahuma bariklana firojaba wa sya’bana wa baligna romadhona ” artrinya berkahilah kami di bulan rojab dan sya’ban serta berkahi dan sampaikan kami kedalam bulan Ramdhan” (H.R Ahmad).

Itulah do’a yang sering diucapkan oleh para ulama dengan harapan agar bulan ramadhan bisa kita raih dengan kesempurnaan taqwa.

Bulan Rajab Bulan Terjadinya Isra Mi’raj

Bulan Rajab adalah bulan istimewa karena didalamnya terdapat peristiwa yang dahsyat yakni peristiwa isra mi’raj, yang jadi jembatan perintah salat lima waktu secara langsung dari Allah SWT kepada Nabi Muhamad SAW.

Jika perintah lainnya hanya melalui perantara malaikat jibril maka perintah salat langsung allah tunjukan kepada Rosulullah sebagai bukti bahwa salat merupakan ibadah yang utama dan lebih di utamakan.

Serta pada Malam Di Isro’kan dan Di Mi”tajkannya Nabi Muhammad SAW, diperlihatkan tanda-tanda kebesaran Allah SWT, serta Tamsil atau contoh balasan bagi setiap hambanya yang beriman dan mengerjakan amal soleh maupun hamba yang durhaka.

Bulan Rajab Adalah Bulan Taubat

Bulan Rajab ini adalah bulan yang tepat bagi kita untuk bertaubat kepada Allah dengan memperbanyak istighfar. Solawat kepada habiballah ya”ni Nabi Muhammad SAW.

Dan Allah SWT membuka luas pintu ampunanya di bulan rajab bagi siapa saja yang mau bertaubat dan memohon ampunan dengan memperbanyak istighfar, membaca tasbih, sholawat, bersedekah dan melakukan puasa sunat Rajab.

Penutup

Semoga kita semua diberikan taupik dan hidayah oleh Allah SWT,agar dapat menjalankan semua perintahnya dan mrnjauhi larangannya.Demikian tentang Arti keutamaan bulan rajab dan amalannya .Semoga bermanfaat,Terimakasih untuk kembali berkunjung ke seobaru.com.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published.