Arti Ekonomi Kreatif Ciri-Ciri Juga Manfaatnya

Arti Ekonomi Kreatif Ciri-Ciri Juga Manfaatnya

Seobaru.com– Arti Ekonomi Kreatif Ciri-Ciri Juga Manfaatnya, adalah pembahasan Asmin pada artikel kali ini. Pada saat i ni Di indonesia usaha kecil, mikro dan menengah (UMKM) diwarnai dengan gelombang ekonomi kreatif.

Ekonomi kreatif yaitu kegiatan ekonomi yang digerakan oleh industri kreatif yang mengutamakan kekayaan intelektual. Yang digerakan oleh wirausaha yang memiliki kemampuan kreatif dan inovatif.

Istilah ekonomi kreatif yaitu di indonesia  sama halnya dengan indistri kreatif dan istilah ini digunakan dalam pengaturan undang-undang yaitu istilah ekonomi kreatif.

Sesuai Diktum pertama presiden Nomor 6 tahun 2009 tentang ekonomi kreatif yaitu kegiatan ekonomi yang didasarkan pada kreativitas, keterampilan, juga bakat individu.

Baca juga : Menu Sarapan Yang Baik Bagi Penderita Asam Lambung

Yang bertujuan menciptakan daya kreasi serta daya cipta yang bernilai ekonomis dan berpengatuh pada kesejahtraan rakyat indonesia.

Arti Ekonomi Kreatif Ciri-Ciri Juga Manfaatnya

Ciri-ciri Ekonomi Kreatif

Ciri-ciri Dilansir dari buku “Ekonomi Kreatif  berbasis kearifan lokal” trrdapat enam ciri dari ekonomi kreatif yaitu:

Memiliki Kreasi Intelektual

Dengan kreasi intelektual akan menghasilkan berbagai kreativitas, keahlian juga talenta. Oleh karena itu kreasi intelektual memiliki nilai jual yang tinggi serta perlu di tingkatkan dalam menjalankan ekonomi kreatif.

Mudah Tergantikan

Pada dasarnya berbagai produk ysng dihasilkan suatu perusahaan mempunyai batas waktu yang singkat, karena banyak peroduk mudah di tiru sehingga cepat tergantikan oleh karena itu harus mengembangkan kreatifitas juga inovasi.

Penyediaan Produk Secara Langsung Dan Tidak Langsung

Produk kreatif yang di buat atau dihasilkan bisa dipasarkan secara langsung ataupun tidak pada konsumen.

Memerlukan Kerja Sama

Dalam menjalankan industri kreatif, diperlukan kerja sama yang baik diantara berbagai pihak yang bersangkutan dengan suatu ekonomi kreatif tertentu yaitu kerja sama pengusaha dan pemerintahan untuk mengatur kebijakan.

Berbasis Pada Ide

Ide kreatif dan inovatif sangat diperlukan dalam ekonomi kreatif untuk melakukan pengembangan produk baru yang berdasar pada ide baru.

Tidak Terbatas

Penciptaan produk baru tentu tidak ada habisnya dengan berkembangnya pasar juga karena semakin bertambah permintaan akan produk baru yang mempunyai nilai kreatif.

Sehingga dengan membuat suatu produk yang baru bertujuan agar dapat di terima konsumen juga dapat di gunakan secara terus menerus dan tidak terbatas.

Itulah diantara ciri-ciri tentang ekonomi kreatif, adapun ada pula manfaat yang di dapat dari ekonomi kreatif yuk sama-sama simak selengkapnya dibawah ini.

Manfaat Ekonomi Kreatif

Dengan adanya ekonomi kreatif diharapkan dapat membantu pertumbuhan perekonomian indonesia, ada beberapa manfaat ekonomi kreatif bagi masyarakat yaitu:

  • Membuka lapangan pekerjaan barubagi masyarakat
  • Mengurangi pertumbuhan angka pengangguran
  • Menciptakan masyarakat indonesia yang kreatif juga inovatif
  • Menciptakan Kompetisi aktivitas dunia bisnis yang lebih sehat
  • Meningkatkan inovasi pelaku ekonomi kreatif di berbagai sektor

Penutup

demikian uraian kali ini tentang Arti Ekonomi Kreatif Ciri-Ciri Juga Manfaatnya, semoga semakin banyak yang menciptakan suatu produk yang kreatif juga inovatif sehinnga banyak manfaat yang di dapat. Terimakasih untuk kembali berkunjung ke seobaru.com

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published.