Amalan Yang Dilakukan Pada Sepuluh Hari Terahir Bulan Ramadhan

Amalan Yang Dilakukan Pada Sepuluh Hari Terahir Bulan Ramadhan

Seobaru.com Amalan yang dilakukan pada sepuluh hari terahir bulan ramadhan, adalah informasi yang akan admin berikan pada sobat seo semuanya.

tak terasa bulan penuh ampunan dan keberkahan yaitu bulan ramadhan akan segera berakhir dalam beberapa hari lagi, kesedihan akan dirasakan banyak kalangan kaum muslimin karena berakhirnya bulan keberkahan ini.

dalam sebuah hadist disebutkan yang artinya: ” Dari Aisyah RA, Rosulullah sangat bersungguh-sungguh dalam beribadah pada sepuluh hari terahir bulan Ramadhan, melebihi kesungguhan beribadah di selain ( malam) tersebut.” (HR.Muslim).

Beliau memberikan contoh kepada umatnya agar tidak terlena dalam kesibukan mempersiapkan kebutuhan hari raya sehingga melupakaan keutamaan beribadah di 10 hari terakhir .

Pada kalimat, melibihi kesungguhan beribadah di selain (malam) tersebut, sebagai ajuran dan keteladanaan Rosullah Saw dalam memotivasi umatnya untuk menambah giat beribadah di 10 hari terakhir ramadhan dengan mencontohnya.

Amalan Yang Dilakukan Pada Sepuluh Hari Terahir Bulan Ramadhan

Amalan Yang Dilakukan Pada Sepuluh Hari Terahir Bulan Ramadhan

Terdapat beberapa amalan utama yang bisa Anda lakukan pada sepuluh hari terakhir bulan ramadhan atau jika Anda sudah melaksanakannya alangkah baiknya semakin bersungguh-sungguh dan meningkatkannya, berikut diantara amalannya:

Memperpanjang Shalat Malam

Pada 10 malam terakhir Rasullulah Saw tidak tidur , beliau dan para sahabat amat jauh dari tempat tidur beliau menghidupkan malam-malam tersebut untuk beribadah.

Dan di 10 malam terakhir di anjurkan kepada seluruh angota keluarga beliau untuk sama -sama menikmati kesyahduan beribadah sepanjang malam . Sebagaimana penuturan Aisyah RA,

” Rasulullah SAW biasa ketika memasuki 10 ramadan terakhir, beliau kecangkan ikat pinggang (bersungguh-sungguh dalam ibadah). Menghidupkan malam -malam tersebut dengan ibadah dan membangunkan istri -istrinya untuk beribadah,” (HR.Al-bukhari dsn muslim ).

Memperbanyak Sedekah

Meningkatkan sedekah menjadi salah satu amalan utama di 10 hari terkhir, hal itu sebagai ungkapan rasa syukur atas nikmat di pertemukan Ramadan serta sebagai penyempurnaan ibadah puasa dan ibadah – ibadah individu lainya .

Karena tidaklah sempurna keimanan dan kualitas ibadah seseorang kecuali jika adanya keseimbangan antara ibadah Mahdoh dan goer mahdoh yaitu ritual dan ibadah sosial. Hal itu sebagaimana firman Allah SWT:

“Lambung mereka jauh dari tempat tidurnya, mereka berdoa kepada tuhannya dengan rasa takut dan penuh harap dan mereka menginfakan sebagian dari Rezeki yangb kami berikian kepada mereka .,(Qs.As-Sajdah:16).

Bersedekah di 10 hari terakhir tidak hanya di terjemahkan denan sedekah sunnah, dalam rangka berbagi kepada kaum dhuafa ,bersedekah bisa juga berbentuk harta, pangan, pakaian, paket sedekah untuk yatim sebagainya.

I’Tikaf

I’ tikaf yaitu berdiam diri di masjid dalam rangka beribadah kepada Allah SWT, seorang keluar dari masjid kecuali untuk memenuhi hajatnya sebagai manusia i,tikatf memiliki kekhusuan tempat dan aktivitas tempat dan aktivitas yaitu dilaksanakan di dalam masjid.

Yaitu mendekatkan diri kepada Allah dengan cara diam di masjid dan beribadah, seperti berdzikir, berdo’a membaca al-quran, shalat sunah bersolawat bertaubat beristigfar dan lain lainya.

I’tikat dianjurkan setiap waktu tetapi lebih di tekankan memasuki sepuluh malam terkhir ramadan sebagimana penuturan Abdullah bin umar RA,:

“Rasulullah SWT beri’tikaf pada sepuluh hari terakhir bulan Ramadan (HR.Muttafaqun ,alaih )

Pada masa pandemi covid ini , kemungkinan sebagian umat islam tidak dapat beri’tikaf di masjid akan tetapi seluruh aktivitas i’tikaf dapat dilakukan di rumah jika ingin tetap lakukan dengan memenui protokol kesehatan seperti berbadan sehat ,membawa sejadah sendiri memakai masker ,berwudhu kembali di masjid dan tidak bersalaman .

Tadarus Al-Qur’an

Tadarus atau meningkatkan membaca AL-Qur’an menjadi salah satu ibadah utama di 10 hari terakhir ramadan, tidak sedikit umat islam yang larut dalam tilawah Al-qur’an.

Membaca Al-qur’an memiliki keutamaan yang besar, tradisi mengajar, khatam AL-Qur’an di akhir ramadan menjadi kebahagian tersendiri bagi peribadi muslim khususnya.

Sebab mereka yang setiap hari bergulat dengan aktivitas perkerjaan, dan dapat menyelesaikan atau khatam AL-Qur’an sebanyak satu kali menjadi target realistis , apapun bentuk motivasinya tilawah AL-Qur’an harus lebih di giatkan di 10 hari terakhir ramadhan .

Itulah beberapa amalan penting di 10 hari terakhir ramadan marilah kita manfaatkan, karena detik-detik 10 malam terakhir amatlah mahal, mari kta giatkan beribadah baik di masjid maupun di rumah dan sisipkanlah doa malam munajatmu untuk bangsa indonesia agar menjadi Baldatun toyyibatun warobun ghofur.

Penutup

Demikian yang dapat disampaikan pada artikel kali ini tentang Amalan yang dilakukan pada sepuluh hari terahir bulan ramadhan, semoga bermanfaat, sekian dan terimakasih untuk kembali berkunjung ke seobaru.com.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published.