5 Hal Yang Harus Di Lakukan Ketika Isolasi Mandiri

5 Hal Yang Harus Di Lakukan Ketika Isolasi Mandiri

Seobaru.com– Di dalam situasi pandemi Covid-19 ini banyak sekali di antara kita yang sudah terinfeksi atau terpapar virus Covid-19, hal ini menyebabkan fasilitas di rumah sakit terus menurun karena di akibatkan terlalu banyaknya Pasien rujukan yang terinfeksi positif covid.

Jika kamu sekarang sedang terpapar virus covid-19 dan tidak mendapatkan fasilitas dari Rumah sakit dan memilih untuk Isolasi Mandiri (Isoman) di rumah ,Nah di sini kami akan membahas bagaimana sih cara yang benar yang harus di lakukan ketika Isoman di rumah tersebut.

Di sini kami akan memberitahukan hal apa saja sih yang bisa di lakukan kamu selama isolasi mandiri di rumah, terutama untuk kamu yang sudah terkonfirmasi Positif Covid-19 tanpa gejala.

1 . Kamar Pribadi

Pertama siapkan ruangan khusus untuk anda sendiri, seperti kamar pribadi yang hanya kamu seorang tinggali. Jangan berbagi apapun dengan keluarga yang lain seperti :

  • Jangan berbagi kamar
  • Peralatan Makan
  • Peralatan Mandi, dll.

Maksimalkan kegiatan apa saja di dalam kamar dan selalu kenakan masker jika memang harus keluar kamar atau bertemu dengan anggota keluarga yang lain, dan jangan berinteraksi secara Intens dengan keluarga. Akan lebih baik jika hanya ada satu orang yang berinteraksi dan merawat.

Ikut jaga mereka apalagi jika ada anggota keluarga yang sudah berusia lanjut atau memiliki penyakit penyerta seperti Jantung, Paru-paru, dan penyakit kronis lainnya.

2. Jaga Pola Makan Dan Tidur

Kedua, Jagalah pola makan dan tidur kamu yang seimbang pastikan tidur 8 Jam sehari, konsumsi makan makanan dan minuman yang sehat serta vitamin sesuai anjuran dokter. Selalu ingat tubuh kamu sedang butuh bantuan kuatkan mereka dengan asupan vitamin C, vitamin D, vitamin E, dan zinc.

3. Siapkan Oxymeter

Ketiga, Siapkan Oxymeter di rumah dan ukurlah kadar oksigen dalam darah anda secara berkala pastikan nilainya selalu di atas 95%, kamu perlu waspada jika kadar oksigen dalam darah anda di bawah atau jauh dari nilai itu apalagi jika kamu tidak memiliki riwayat penyakit paru.

4. Bersihkan Rongga Hidung

Keempat, Rutinlah membersihkan rongga hidung anda dengan Nasal Spray dan mulut dengan cairan antiseptik, keduanya berfungsi untuk membersihkan saluran nafas dan juga membunuh virus yang berda di mulut dan tenggorokan.

5. Berkomunikasi Dengan Dokter

Terakhir, Berkomunikasilah dengan dokter lewat layanan online seperti Telemedisin itu akan membantu anda untuk mengevaluasi kondisi kesehatan anda, segera beritahu dokter jika kamu mengalami gejala tertentu.

Jika kondisi anda semakin memburuk misalnya mengalami demam tinggi di atas 38 derajat atau sesak nafas yang parah, segera berangkatlah ke Rumah sakit dan periksa ke dokter dengan kendaraan pribadi.

Akhir Kata

Itulah 5 Hal yang bisa di lakukan selama Isolasi Mandiri di rumah perlu di ingat tetaplah patuhi protokol kesehatan dan jaga gaya hidup sehat bahkan ketika anda sudah sembuh dari Covid-19.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published.